Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi : Tiap Pagi Saya Cek Harga Kebutuhan Pokok

JAKARTA (independensi.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim, tiap pagi dirinya selalu mengecek pergerakan harga-harga bahan kebutuhan pokok di dalam negeri. Menurutnya, saat ini harga kebutuhan pokok terkandali dengan baik.

Kondisi ini tercermin dari laju inflasi tahunan, yang menurut Jokowi, biasanya di kisaran 9%, sekarang berada di bawah 3,5%. Ini artinya, lanjut Jokowi, harga-harga terkendali.

“Jangan sampai kita ini termakan isu-isu yang tidak benar. Wong saya tiap pagi bacaan saya apa sih. Harga-harga dan angka-angka. Jangan dipikir saya enggak. Saya selalu setiap pagi,” kata jokowi, saat menghadiri Kongres Wanita Kristen Indonesia di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Mantan Gubernur DKI ini mengaku dirinya juga telah mengecek harga-harga kebutuhan pokok seperti beras, telur, hingga harga ayam. Semuanya menurut data yang didapatkan Jokowi turun.

“Harga beras Rp 11.750 ini turun Rp 100. Telur Rp 22.950 turun Rp 350. Saya hanya tahu turun atau naik itu saja. Ayam Rp 33.300 turun Rp 1.150. Tapi kalau yang turun-turun ini yang teriak peternaknya. Jangan dipikir kalau turun masyarakat senang, peternaknya teriak,” tutur Jokowi.

Dia mengatakan, bagi pemerintah sulit mencari harga yang seimbang. Artinya, harga tersebut bisa membuat senang masyarakat dan peternak atau petani produsen.

“Saya ingin jaga keseimbangan. Di sini dengar di sana dengar harus seperti itu. Setiap pagi itu,” ujarnya.