Pemprov DKI dan Polda Metro Bentuk Satgas Antisipasi Banjir

JAKARTA (IndependensI.com) – Pemprov DKI Jakarta  bersama Polda Metro Jaya membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengantisipasi banjir yang diprediksi akan terjadi pada musim hujan di akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis mengatakan ada 7.000 personel gabungan yang disiagakan. “Dalam rangka menghadapi musim penghujan di ujung tahun, Polda bersama Kodam, Pemda, kita menyiapkan kurang lebih tujuh ribu personel, kita siapkan untuk selalu siaga menghadapi musim penghujan,” ucap Idham saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/11/2018).

Tim gabungan itu terdiri dari aparat kepolisian, tentara, Satpol PP, petugas Dishub DKI, petugas Dinas Sumber Daya Air, dan BPBD DKI Jakarta.

Selain satgas di tingkat provinsi, kata Idham, ada pula satgas di tingkat kota atau kepolisan resor.

“Ada 13 subsatgas yang ada di tingkat polres bersama wali kota, kabupaten, juga siap jika terjadi banjir skala lokal,” ujarnya.

Penyiagaan 7.000 satgas dimulai hari ini, ditandai apel kesiapsiagaan penanggulangan banjir di Mapolda Metro Jaya. Para personel itu akan disiagakan hingga Maret 2019.

Di kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta siap menghadapi banjir. Jakarta mengusung slogan ‘siaga, tanggap, galang’.

Anies mengatakan ada 30 titik yang berpotensi tergenang banjir. Fokus penanggulangan di tahun ini, ucapnya, tak hanya soal penanganan air genangan.

“Dari tiga puluh titik ini, kami ajak untuk mulai memerhatikan konsekuensi lalu lintas. Sehingga bukan hanya terkait air, tapi juga warga yang melintas di tempat itu,” ucapnya.