Presdir Blue Bird Group Holding Noni Purnomo menjelaskan program donasi untuk anak sekolah kerjasama Blue Bird dengan UNICEF

Berbagi Donasi di Taxi Biru

Loading

JAKARTA (Independensi.com) Untuk membantu anak-anak yang tidak mampu agar tetap dapat kesempatan bersekolah, Bluebird menjalin kerjasama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) dalam melakukan penggalangan dana.

Kerjasama ini memungkinkan para penumpang Bluebird serta masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam memberikan donasi dengan mengakses situs www.unicef.id/bluebird. Dalam rangka mendukung kampanye “Berbagi di Taksi Biru”, Bluebird akan memasang wobbler di 10.000 kendaraan taksi Bluebird serta video tentang pentingnya pendidikan bagi mereka yang membutuhkan dalam In-Taxi Entertainment di 500 kendaraan Bluebird.

Robert Gass, Deputi Perwakilan UNICEF di Indonesia mengatakan Indonesia memiliki aset tak ternilai yaitu hampir 80 juta anak-anak dan remaja. Untuk membuka potensi terbaik mereka, maka hambatan yang menghalangi anak dan remaja untuk berpartisipasi dan menyelesaikan pendidikan harus dihapus. Kami di UNICEF menghargai dan mendorong kontribusi baik oleh publik dan perusahaan agar setiap anak dapat memiliki kesempatan yang sama untuk bersekolah dan belajar berbagai pengetahuan serta keterampilan yang dapat mempersiapkan mereka menyambut masa depan yang cerah.

Seperti diketahui, sesuai “Survei Sosial Ekonomi Nasional” (Susenas) pada tahun 2017 ada sekitar 4,4 juta anak dan remaja tidak bersekolah. Bahkan beberapa anak yang memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan sekolah masih kesulitan untuk bisa mencapai tingkat kemampuan dasar akademis. Di tingkat sekolah dasar, hanya 23 persen siswa kelas 4 berhasil mencapai batas minimum nasional kemampuan matematika, dan hanya 53 persen dalam membaca pada saat survei Indonesia National Assessment Programme (INAP) terakhir pada 2016.

Ditanya alasan UNICEF menggandeng Bluebird dalam program ini, Robert mengatakan UNICEF dan Bluebird memiliki visi dan misi yang sama. Selain itu dengan jumlah penumpang 8 juta orang per bulan dengan armada yang tersebar di 18 kota besar menjadi sarana komunikasi dan informasi yang dahsyat.

Ditanya mengenai target dana yang akan dihimpun dalam kurun waktu satu tahun kerjasama ini, Robert mengatakan tidak ada target. “Target kami bukan semata-mata pada jumlah nominal yang terkumpul, tapi agar masyarakat tahu dulu caranya berbagi,” kata Robert.

Presiden Direktur Blue Bird Group Holding Noni Purnomo mengatakan “Inisiatif kerjasama Bluebird dengan UNICEF dalam mengajak masyarakat untuk turut berperan meningkatkan
pendidikan anak Indonesia ini tidak terlepas dari komitmen Bluebird untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, terutama apabila kita menyadari bahwa masih banyak anak-anak yang tidak mengenyam bangku sekolah dikarenakan berbagai faktor, salah satunya keterbatasan finansial.

Di Bluebird perhatian terhadap pendidikan kami wujudkan dalam pemberian beasiswa kepada anak-anak pengemudi dan karyawan, inisiatif ini sudah berlangsung lebih dari 20 tahun.

Kolaborasi dengan UNICEF, sebagai organisasi internasional dibawah naungan PBB yang salah satu fokusnya di bidang pendidikan anak-anak, akan semakin membantu langkah Bluebird dalam mendukung terciptanya generasi penerus berkualitas dan mampu bersaing untuk kemajuan Indonesia di masa depan,” tutup Noni.Hingga saat ini Bluebird melalui program “Bluebird Peduli” secara rutin memberikan bantuan beasiswa mulai dari tingkat D3 hingga sarjana kepada anak dari pengemudi dan juga karyawan Bluebird. Dimulai pertama kali dari tahun 1998, saat ini pemberian beasiswa oleh Bluebird telah diberikan kepada sekitar 25.000 anak-anak pengemudi Bluebird.