Serena Williams. (Dok/Ist)

Laju Serena Diganjal Pliskova

MELBOURNE (IndependensI.com) – Unggulan tujuh Karolina Pliskova harus mengeluarkan ekstra stamina untuk menundukkan petenis tangguh Amerika Serikat (AS), Serena Williams 6-4, 4-6, 7-5 di babak semifinal Australian Open 2019 yang berlangsung di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Rabu (23/1/2019). Pliskova akan menjamu juara US Open 2018 asal Jepang, Naomi Osaka di babak semifinal, Kamis (24/1/2019).

Saat bertanding, Serena yang mendapat unggulan 16 ini sudah mengeluarkan segenap tenaga dan performa terbaik untuk memimpin 5-1 di set ketiga. Suasana kemenangan sudah nampak di pelupuk mata adik kandung petenis Venus Williams ini. Namun dalam perjalannya, Serena malah membuang empat kali match point dan membuat Pliskova bersemangat untuk bermain reli hingga merebut kemenangan. “Saya hampir saja kalah dan ternyata bisa berdiri disini sebagai pemenang,” kata Pliskova dalam jumpa pers usai berlaga. “Perasaan ini luar biasa,” imbuhnya.

Menyinggung performa Serena, Pliskova mengaku dirinya mendapat tekanan dan permainan sangat agresif. Sulit untuk menjinakkan letupan performa milik Serena. Pukulan keras dan konsisten, sempat membuat Pliskova kehilangan konsentrasi. “Pertandingan tadi sangat ketat. Dia bermain sangat bagus dan menutup semua celah. Bahkan, di set ketiga tidak ada kesempatan sedikitpun. Tetapi setelah skor 5-2, ada peluang untuk membalikkan keadaan,” kata Pliskova.

Sejak awal, Pliskova sangat percaya diri dan mental bertandingnya sudah solid. Tatkala Serena mengajak bermain reli pun, performa Pliskova tetap konsisten. Hanya sering kali dirinya meluapkan kegeraman menyusul penempatan bola yang tidak akurat. Pliskova sendiri sempat mendikte permainan Serena di set awal dan memang sudah menjadi miliknya. Set kedua, Pliskova mulai menurunkan tensi permainan dan tekanan terhadap Serena. Hal ini dimanfaatkan langsung Serena untuk membalikkan keadaan dan merebut set kedua.

Di set penentuan pada kedudukan 5-4 untuk Serena, engkelnya mengalami masalah. Situasi ini membuat penampilan agresif Serena terkoreksi dan sulit mengembangkan permainan. Pliskova memanfaatkan momen ini dengan baik dan membuat skor menjadi imbang 5-5. Usai demikian, Pliskova unggul dan mematahkan servis lawannya hingga menjadikan skor 7-5.

Ketika jumpa pers, seorang wartawan bertanya soal engkel Serena, dijawab tegas tidak bermasalah.”Saya rasa, engkel ini tidak menjadi masalah. Saya tidak tahu apakah ada perubahan atau tidak besok, tetapi Karolina bermain dalam kondisi terbaiknya,” komentar Serena.