Viral #YangGajiKamuSiapa, Ini Penjelasan Kemenkeu Mengenai Gaji PNS

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ‘Yang Gaji Kamu Siapa?’ menjadi viral diperbincangkan di lini masa meda sosial. Netizen menganggap pernyataan Rudiantara terkait dengan Pilplres 2019. Pernyataan itu bermula ketika Rudiantara berdialog dengan salah satu Aparatur Sipil Negada (ASN) di acara forum internal Kominfo.

Atas kejadian itu, Hastag #YangGajiKamuSiapa bermunculan dan menjadi trending di media sosial Twitter. Tak sedikit netizen yang mengomentari pernyataan tersebut. Lalu, siapakah yang sebetulnya menggaji ASN selama ini?

Menjawab itu, Direktur Penyusunan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, pendapatan ASN selama ini bersumber dari APBN. Di mana, pendapatan tesebut ditarik melalui pajak dari masyarakat dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“(Sumbernya dari mana?) Kan dari APBN. APBN punya siapa? masyarakat. APBN itu pendapatan, ada belanja. pendapatan dari mana? Dari pajak, pajak kan dari masyarakat juga kita ambil. Terus dari penerimaan bukan pajak,” kata dia saat ditemui di Jakarta, Jumat (1/2).

Kunta mengatakan, sumber pendapatan APBN tersebut sebetulnya tidak hanya digunakan sebagai gaji ASN. Lebih dari itu, pendapatan ABPN jiga digunakan berbagai keperluan untuk negara.

“(Selain) belanja ada untuk gaji, belanja barang jasa, modal, perlindungan sosial, transfer ke daerah. Kalau transfer ke daerah untuk gaji PNS di daerah, untuk modal juga, macam-macam, seperti itu,” jelasnya.

“Intinya APBN itu dari kita untuk kita, ya kan, kita ambil dari masyarakat,” tambahnya.

Seperti diketahui sebelumya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menegur salag satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah kementeriannya. Teguran itu dilatarbelakangi pernyataan dari salah seorang ASN yang mengaitkan dua desain stiker sosialisasi pemilu dengan nomor urut pilihan saat pilpres. Kebetulan, ASN memilih desain stiker bernomor dua dengan alasan politis.

Kemudian Menteri Rudi menegurnya dengan perkataan; “Yang Gaji Ibu Siapa?”. Alhasil, banyak warganet yang salah persepsi dan mengkritik pernyataan Rudiantara itu dianggap sebagai dukungan terhadap salah satu pasangan capres.