Cegah Hoaks, Kominfo Batasi Akses Internet di Papua

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Kementerian Komunikasi dan Informtatika (Kominfo) membatasi akses internet di beberapa wilayah di Papua. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hoaks yang memicu aksi massa di Manokwari, Jayapura, dan beberapa tempat lain.

“Pelambatan akses internet dilakukan secara bertahap sejak Senin (19/8) pukul 13.00 WIT,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu, dalam keterangan resminya, Senin (19/8/2019).

Ferdinandus juga mengungkapkan jika mulai malam ini sekira pukul 20.30 WIT akses sudah dipulihkan kembali. Adapun pembatasan akses internet ini untuk mencegah luasnya penyebaran hoaks yang memicu aksi.

“Sejauh ini Kominfo sudah mengindentifikasi 2 [dua] hoaks, yakni hoaks foto [orang] Papua tewas dipukul aparat di Surabaya dan hoaks yang menyebutkan bahwa Polres Surabaya menculik 2 orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua,” kata Ferdinandus.

Dia juga mengungkapkan jika Kominfo mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks, disinformasi, dan ujaran kebencian berbasis SARA yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. (dan)