Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Johny Dewanto (tengah) salah seorang dari 86 orang pegawai PDAM yang mendonorkan darahnya. Donor dilakukan dalam rangka HUT ke 38 PDAM. (foto:jonder)

Peringati HUT: 86 Orang Karyawan PDAM Tirta Bhagasasi Donor Darah

BEKASI (IndependensI.com)-  Sebanyak 86 orang karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi, mendonorkan darahnya. Kegiatan donor darah, dilakukan Selasa (24/9/2019), dalam rangka perayaan HUT ke 38 PDAM tersebut. Donor darah diselenggarakan kerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bekasi.

“Sebenarnya yang daftar 155 orang. Tapi setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terkait  kadar HB dan tensi darah,  yang memenuhi kriteria hanya 86 orang”, ujar Rahmat petugas PMI.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi,  Usep Rahman Salim didampingi Kabag Hukum dan Humas, Yusmet  yang juga ketua panitia HUT,  menjelaskan,  pelaksanaan donor darah seperti dilakukan saat ini, sudah menjajadi agenda rutin setiap peringatan HUT.

Disebutkan, jumlah yang donor hari ini dibanding tahun 2018, lebih banyak. Ini bentuk kepedulian sosial dari karyawan  PDAM kepada masyarakat lewat sumbangsih donor darah. Sebab, sangat banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan darah  dalam kesehatan mereka, ujar Yusmet.

Sementara itu, dr Eva,  petugas PMI Cabang Kabupaten Bekasi, menjelaskan, selain PDAM yang sudah menjadi mitra tetap setiap tahun, banyak juga pihak perusahaan di beberapa kawasan industri Kabupatrn Bekasi,  rutin melakukan donor darah.

Kegiatan donor darah katanya, dilaksanakan secara mobile dengan membawa mobil unit transfusi serta peralatan lainnya. Ada juga pendonor datang ke Kantor Cabang PMI Kabupaten Bekasi.

Disebutkan, jumlah pendonor setiap bulan melalui PMI Cabang Kabupaten Bekasi, rata-rata sekitar 5.000 orang. Sedang darah yang distribusikan atau disalurkan, rata-rata 6.500 kantong perbulan.

Eva mengakui,  dari  5.000 pendonor setiap bulan, sebagian besar holongan B dan 0. Untuk golongan darah   A dan AB, agak jarang. Disebutkan, dengan donor darah kita dapat membantu orang lain. “Mereka Selamat, Kita Sehat. Donor darah itu adalah ibadah”, katanya.(jonder sihotang)