Politisi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu. (Ist)

Beli Produk UMKM Artinya Selamatkan Ekonomi Bangsa

JAKARTA (Independensi.com) – Politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu mengingatkan agar di tengah pandemi Covid-19 ini, seluruh rakyat Indonesia mengutamakan membeli produk-produk UMKM.

Dengan demikian, lanjutnya, agar ekonomi berjalan dan rakyat pun senang dan tenang.

“Saya mengajak untuk membeli produk UMKM juga sangat penting agar ekonomi berjalan, rakyat pun kalem. Merdeka!!!,” ungkapnya dilansir dari Gesuri.id, Rabu (3/6).

Ia juga mengatakan lebih Rp123 triliun dialokasikan pemerintah untuk menghidupkan UMKM di masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, ia meminta agar uang yang disalurkan sebesar itu teralokasi dengan benar.

Ia mencatat tahun 1998 saat krisis ekonomi yang sangat berat, Bangsa ini masih sanggup bertahan karena adanya sektor-sektor informal dan industri rumahan.

Sementara itu, saat Ratas Rabu (3/6) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa program pemulihan ekonomi nasional harus memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha serta ada konsep berbagi beban bersama antara Pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan dan pelaku usaha.

”Program pemulihan ekonomi nasional memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha, utamanya sektor industri padat karya agar mereka tetap mampu beroperasi, ini penting,” tutur Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas), Rabu.

Selain itu, Presiden minta program tersebut dapat mencegah terjadinya PHK yang masif dan mampu mempertahankan daya beli para pekerjanya atau karyawannya.

”Sektor industri padat karya perlu menjadi perhatian. Hati-hati sekali lagi untuk industri padat karya karena sektor ini menampung tenaga kerja yang sangat banyak. Sehingga guncangan pada sektor ini akan berdampak pada para pekerja dan tentu saja ekonomi keluarganya,” imbuh Presiden.