Polisi, TNI, Pemprov DKI Gelar Razia Skala Besar Saat Malam Tahun Baru

JAKARTA (IndependensI.com) – Untuk mencegah kerumunan massa yang nekat merayakan malamtahun baru, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta berencana melakukan patroli skala besar pada saat malam pergantian tahun. Patroli menyasar area wisata dan tempat hiburan untuk mencegah terjadinya kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

“Akan ada patroli skala besar di seputaran tempat wisata tutup Ancol, Kota Tua, TMII, kemudian di Jalan Raya Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading,” kata Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Kamis (31/12/2020).

Sambodo menerangkan, TNI dan Polri serta instansi keamanan dari Pemprov DKI sepakat melarang adanya kerumunan pada saat malam tahun baru. “Kalau masih ada yang berkerumun, kita bubarkan dan kami akan melakukan rapid test kepada yang bersangkutan,” ucap dia.

Sambodo mengimbau kepada masyarakat Jakarta untuk patuh terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Dia menyarankan, malam pergantian tahun kali ini dirayakan di rumah masing-masing bersama keluarga.

“Kami imbau ke seluruh warga Jakarta agar rayakan pergantian tahun 2020 ke 2021 di rumah saja, tidak berkonvoi, tidak rayakan pergantian tahun di jalan karena kita sedang pandemi Covid-19,” ucap dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, personel yang dikerahkan selama operasi Lilin 2020 berjumlah 8.139 personel. “personel gabungan dari Polri dan TNI, Dishub dan Satpol PP, itu yang kita persiapkan sampai nanti terakhir tanggal 4 Januari 2021 nantinya,” imbuhnya.