Dua Harimau Lepas di Singkawang, Pawang Tewas Diterkam

Loading

PONTIANAK (Independensi.com)  – Dua ekor harimau milik Kebun Binatang Sinka Zoo, Pasir Panjang, Lirang, dan Bokmakong Kecamatan Sedau,Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat, 5 Februari 2021, karena faktor alam. Feri, seorang pawing tewas diterkam.

Curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir, membuat tanah di salah satu sudut kandang longsor, berlubang, sehingga dua ekor hamirau lepas.

“Setelah mendapat laporan dari pengelola Kebun Binatang Zinka Zoo, kami langsung berkoordinasi dengan petugas Polri dan TNI, untuk melakukan pencarian untuk segera ditangkap,” kata Suparto, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang pada Balai Konservasi Sumberdaya Alam Pontianak, Jumat malam, 5 Februari 2021.

Menurut Suparto, aparat keamanan sekarang telah bersinergi melakukan pencarian.

Sementara masyarakat sekitar diminta tidak panik, tapi mesti hati-hati apabila ke luar rumah.
Elka Surya, pengurus Sinka Zoo Singkawang memberikan keterangan tentang lepasnya dua harimau di kebun binatang tersebut.

Menurut Elka, kejadian lepasnya dua ekor harimau tersebut akibat faktor alam. Hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari mengakibatkan longsor di kawasan Sinka Zoo Singkawang.

“Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lobang yang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya dua harimau kabur,” kata Elka.

Elka menjelaskan, pawang sudah berusaha untuk mencegahnya, namun pawang tersebut ikut diserang oleh harimau hingga tewas.

“Saat ini kami sudah dibantu oleh pihak polisi dan TNI di lapangan. Semoga saja dua harimau tersebut dapat ditangkap,” ujar Elka.

Elka menambahkan harimau yang lepas masih terpantau dan masih berada dalam kawasan area Sinka Zoo Singkawang.(aju)