Apotek Roxy Gelar Penyuluhan Penanganan Batuk-Pilek Pascapandemi

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Apotek Roxy menggelar penyuluhan tentang penanganan batuk dan pilek pascapandemi, guna menambah pengetahuan masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan masing-masing serta mencegah sebelum terpapar virus maupun bakteri.

Kali ini, kegiatan tersebut diselenggarakan di Babelan, Ujung Harapan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (14/1/2023).

Disamping itu, apabila warga mengalami gejala batuk dan pilek, apotek ini menyediakan layanan konsultasi gratis dengan dokter. Juga bisa melakukan pengecekan kondisi kesehatan seperti cek gula darah, kolestrol dan tekanan darah secara gratis.

Menurut dokter praktik di Klinik Apotek Roxy Babelandr, Lucas Djajaputra, peralihan musim seperti ini umum terjadi setiap tahun dan otomatis. Hal itu, lanjutnya, akan berpengaruh terhadap reaksi dimana tubuh akan berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitarnya.

“Di saat itulah daya tahan pun menjadi berkurang dan tubuh menjadi sakit perubahan suhu yang ekstrem membuat lingkungan jadi lebih kondusif untuk mikroorganisme penyebab penyakit, di sisi lain makhluk hidup juga lebih rentan untuk terinfeksi saat pancaroba,” ujarnya saat memberi penjelasan kepada warga Babelan, Sabtu (14/1/2023).

Untuk itu bersamaan dengan kegiatan tersebut, dr. Lucas berharap kepada warga masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan yang sehat berusaha menghindari makan gorengan secara terus menerus dan tetap menerapkan prokes 5M meski PPKM sudah dicabut oleh Presiden Jokowi.

“Jika telah mengalami gejala batuk pilek , hindari beli obat tanpa resep ke apotek. Jangan abaikan gejala parah yang berkembang saat melawan flu. Segera temui dokter jika mengalami sesak napas, nyeri dada, pusing, muntah, atau kebingungan mental. Bila sudah sakit, terapkan etika batuk agar tidak tertular dengan yang lain,” sarannya.