Gus Falah : Ingin Sejahterakan Guru PAUD, Ganjar Peduli Pencerdasan Bangsa

Loading

Jakarta- Politisi PDI Perjuangan Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menyatakan, tekad Calon Presiden RI Ganjar Pranowo untuk meningkatkan kesejahteraan guru pendidikan anak usia dini (PAUD), menunjukkan kepeduliannya pada pencerdasan kehidupan bangsa.

Menurut Gus Falah, peran para guru PAUD sangat penting dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

“Generasi penerus bangsa ini harus dirawat intelektualitasnya sejak usia dini, maka PAUD memegang peranan penting. Dan terkait hal itu, kesejahteraan para guru PAUD harus ditingkatkan,” ujar Gus Falah, Rabu (17/1/2024).

Anggota DPR-RI Dapil Jatim X itu melanjutkan, rencana Ganjar meningkatkan kesejahteraan guru PAUD melalui 20 persen APBN dan APBD provinsi maupun kabupaten/kota, sangat tepat.

Memang seharusnya, sambung Gus Falah, sebagai satuan pendidikan PAUD memanfaatkan anggaran pendidikan dari negara dalam pengembangannya.

“Alokasi 20 persen APBN dan APBD memang harus dioptimalkan untuk kesejahteraan guru PAUD, persoalannya selama ini hal itu belum berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Gus Falah.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo bertekad menaikkan pendapatan guru PAUD jika terpilih menjadi Presiden RI periode 2024—2029.

Hal itu dikatakan Ganjar ketika menerima aspirasi dari salah satu perwakilan himpunan guru PAUD di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Menurut Ganjar, pembayaran guru PAUD Rp600 ribu/tahun setiap akhir tahun sangat tidak adil.