Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu . (foto: jonder sihotang)

Budaya Gotong Royong Perlu Dilestarikan

Loading

BEKASI (IndependensI.com) – Gotong royong adalah salah satu kekuatan bangsa Indonesia. Maka, gotong royong harus dilestarikan sebagai salah satu budaya bangsa kita.

“Gotong Royong ini bertujuan untuk melestarikan budaya gotong royong sebagai warisan leluhur nenek moyang, meningkatkan peran semua lapisan masyarakat,” ujar Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu pada penutupan pelaksanaan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong tingkat Kota Bekasi, kemarin.

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu

Ditambahakan, gotong-royong juga sebagai momentum kebersamaan dalam komitmen pembangunan dengan semangat gotong- royong dan persatuan menuju kemandirian.

Budaya gotong royong ini harus selalu dijaga dan dikembangkan karena budaya ini mengandung nilai-nilai yang positif, memperkuat persatuan dan kesatuan serta melepaskan perbedaan. Gotong royong juga bisa dalam bentuk kamtibmas untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah tempat tinggal masing-masing kita.

Kegiatan gotong – royong masyarakat juga wajib dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, sehingga, ancaman penyakit bisa terus menurun, ujar Syaikhu.

“Saya berharap kegiatan seperti ini agar terus dilaksanakan tiap tahunnya, sehingga semangat gotong royong akan terus tertanam,” tambahnya.

Acara penutupan ini dirangkaikan dengan pengumuman dan penyerahan piala hasil monitoring dan evaluasi di lapangan oleh tim pemantau. Dalam kegiatan itu juara I diraih Kelurahan Aren Jaya, juara II Kelruhan Kranji, dan juara III diraih Kelurahan Jatiwaringin. (jonder sihotang)