Bendera Indonesia tampak dipasang terbalik dalam buku acara pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Pasang Bendera Indonesia Terbalik, Malaysia Minta Maaf

JAKARTA (IndependensI.com) – Bendera Indonesia sederhana, hanya berwarna merah putih. Tapi buat Malaysia hal itu ternyata perkara pelik. Negara tetangga terdekat Indonesia itu memasang Sang Dwiwarna terbalik di buku acara pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017) malam.

Di buku acara tersebut, bendera Indonesia dipasang terbalik, putih merah. Kekeliruan tersebut memicu kemarahan netizen Indonesia. Jejaring sosial Twitter dibanjiri ungkapan protes dari warga Indonesia. Ada yang menyatakan protes secara halus, ada juga yang mengungkapkannya secara keras.

Kejadian tersebut dianggap amat menghina, apalagi terjadi hanya dua hari setelah peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Netizen Malaysia juga ramai menanggapi kejadian ini. Ada yang meminta maaf, ada juga yang balik menyerang Indonesia. Sebagian mengingatkan kejadian di SEA Games 2011 di Palembang ketika jumlah garis merah bendera Malaysia kurang satu.

Pemerintah Malaysia buru-buru menyampaikan permintaan maaf lewat media sosial. Beberapa jam kemudian, Kementerian Belia dan Sukan Malaysia (Kementerian Pemuda dan Olahraga) mengeluarkan pernyataan maaf resmi.

Dalam surat tersebut, Menteri Khairy Jamaluddin, yang juga bertindak sebagai ketua panitia SEA Games 2017, disebutkan bakal menghubungi Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi.

Surat itu ditutup dengan kalimat: “Kami amat menyesalkan kekeliruan ini dan percaya bahwa ikatan kuat antara kedua negara akan menjadi lebih kuat lagi dalam semangat SEA Games.”