Ilustrasi. (Dok/Ist)

Atlet Indonesia Berlaga di ASEAN Para Games 2017

SOLO (IndependensI.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas ratusan atlet Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia yang akan mengikuti pesta olahraga ASEAN Para Games 2017, di Malaysia, pada 17-23 September 2017. Menpora dalam acara pelepasan kontingan paralimpiade Indonesia ke APG Malaysia tersebut bersalaman-salaman dengan para atlet, pelatih, dan ofisial setelah mereka mencium bendera Merah Putih di Hotel Lor In, Solo, Selasa (12/9).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengapresiasi kontingan paralimpiade Indonesia yang penuh semangat para Garuda Indonesia akan berjuang mengikuti APG Malaysia mulai tanggal 17-23 September 2017. “Saya menyamaikan salam bangga, kagum, sekaligus hormat dari Bapak Presiden Joko Widodo kepada para atlet NPC, pelatih, dan ofisial,” kata Imam Nahrawi.

Menurut Ketua Kontingan NPC Indonesia Bayu Rahardian, kontingan paralimpiade Indonesia berjumlah 195 atlet yang akan turun mengikuti sebanyak 11 cabang olahraga dari 16 cabang yang dipertandingkan di Malaysia. Menurut Bayu 11 cabang olahraga yang diikuti Indonesia antara lain catur sebanyak 15 atlet, goalball (6), atletik (45), angkat berat, bulu tangkis (17), sepak bola Cerebral Palsy (CP) (12), panahan (10), tenis meja (32), renang (36), ten pin bowling (10), voli duduk (11), dan balap sepeda.

Kontingan NPC Indonesia akan berangkat ke Malaysia melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Rabu (13/9) siang dan kembali ke Tanah Air pada tanggal 24 September 2017 dengan pesawat terbang Garuda Indonesia. Pada APG 2017 di Malaysia, akan memperebutkan sebanyak 368 medali emas dan Indonesia menargetkan sebanyak 107 medali emas, 110 perak, dan 68 perunggu atau peringkat urutan kedua klasemen akhir. “Para atlet sudah siap berjuang membela Merah Putih untuk menggarumkan Bangsa Indonesia,” kata Bayu seperti dikutip dari Antara.

Imam menambahkan, Presiden Joko Widodo mendoakan para atlet dan akan mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar atlet-atlet yang berlaga menjadi yang terbaik, memenuhi target, dan menjadi sejarah bagi catatan prestasi para atlet paralimpiade Indonesia. Bahkan, Presiden meminta kepada Menpora untuk memastikan semua kebutuhan atlet tersedia dengan baik termasuk bersyukur kontingan NPC Indonesia berangkat dan pulang dengan pesawat Garuda Indonesia. Hal ini, pertanda bahwa pemerintah memberikan perhatian yang serius. Dan, Pemerintah dalam memberikan bonus wajib sama dengan yang diraih oleh atlet SEA Games.