Diego Costa (AFP)

Balik Kandang, Costa Jadi Pemain Termahal

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kurang diberdayakan di Chelsea, Diego Costa dipulangkan ke klub lamanya, Atletico Madrid.

Namun pemain Spanyol kelahiran Brasil itu balik kandang dengan terhormat. Transfer Costa dari London ke Madrid dilaporkan bernilai 60 juta euro. Angka itu menjadikannya pemain termahal “Rojiblancos” dan mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 40 juta euro untuk Radamel Falcao pada 2011.

Costa masih punya nama besar di Atletico. Dia membantu klub itu meraih satu-satunya trofi juara Liga Spanyol dalam dua dasawarsa pada 2013-2014. Costa juga mengantar Atletico ke final Liga Champions d musim yang sama. Di musim itu, dia mengemas total 36 gol.

Chelsea Pulangkan Costa ke Atletico

Masa bakti pertama Costa di Atletico ditutup dengan cedera. Dia hanya bermain kurang dari 10 menit di final Liga Champions melawan Real Madrid sebelum digantikan karena cedera hamstring. Atletico menyerah di tangan rival sekotanya lewat babak tambahan.

Belakangan terungkap fakta bahwa pelatih Diego Simeone yang memaksakan diri memainkan Costa di Lisabon meski sudah tahu pemainnya terindikasi cedera. Hal itu memperlihatkan kepercayaan sang pelatih terhadap Costa. Simeone dikabarkan beberapa kali mencoba memulangkan Costa dari Chelsea.

Media olahraga Spanyol mengabarkan kembalinya Costa tidak lepas dari desakan Simeone. Pelatih asal Argentina itu meminta Costa pulang sebelum memperpanjang kontrak dengan Atletico hingga 2020.

Costa gembira bisa kembali ke klub lamanya. Dia mengaku tidak betah berlama-lama di Stamford Bridge setelah dianggurkan oleh pelatih Chelsea, Antonio Conte. Padahal musim lalu Costa mempersembahkan 20 gol yang membantu Chelsea menjuarai Liga Inggris.

“Saya hanya akan meninggalkan Chelsea untuk Atletico,” kata Costa pada Juni 2017 sebelum pulang kampung ke Brasil. Costa berada di tanah kelahirannya sepanjang libur musim panas dan mengabaikan perintah kembali ke pemusatan latihan Chelsea.

Chelsea dan Atletico Madrid sama-sama menempati Grup C Liga Champions 2017-2018. Namun suasana panas dalam waktu dekat bisa dihindari karena Costa baru bisa memperkuat Atletico mulai Januari 2018.

Kembalinya Costa memperbesar harapan Atletico meraih trofi juara Liga Champions setelah selalu digagalkan Real Madrid di empat musim terakhir.

Di musim berikutnya, Atletico berpeluang mengangkat trofi di kandangnya sendiri, Stadion Wanda Metropolitano. Stadion baru berkapasitas 68.000 penonton itu terpilih sebagai lokasi final Liga Champions 2019.

One comment

Comments are closed.