Pelari ultramarathon AS, Michael Wardian (tengah), memperkenalkan sepatu Hoka One One dalam peluncuran sepatu lari premium itu di Jakarta, Sabtu (23/9/2017). (Henri Loedji/Independensi.com)

Hati-hati Pilih Sepatu Lari

JAKARTA (IndependensI.com) – Berlari menjadi salah satu olahraga yang populer karena bisa dilakukan oleh hampir semua orang, kapan saja, dan tidak memerlukan banyak perlengkapan.

Untuk berlari, yang dibutuhkan praktis hanya baju dan sepatu yang pas. Tapi untuk sepatu, jangan asal pakai.

Pelari jarak jauh asal Amerika Serikat, Michael Wardian, mengingatkan bahwa saat berlari, seluruh berat tubuh akan bertumpu pada sepatu. Pemilihan sepatu yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera.

“Pertama, pilih sepatu yang ukurannya sesuai dengan kaki Anda. Lalu tentukan di mana Anda akan berlari, di jalanan atau di lintasan alami,” kata Wardian pada peluncuran sepatu Hoka One One di Jakarta, Sabtu (23/9/2017).

“Kondisi lintasan yang berbeda membutuhkan sepatu yang berbeda. Produsen seperti Hoka One One sudah membuat berbagai model sepatu untuk berbagai jenis lintasan,” ujar laki-laki yang biasa berlari 10-12 kilometer dari rumah ke kantornya.

“Tapi patokan itu tidak kaku. Beberapa pelari, termasuk saya, kadang menggunakan sepatu jalanan untuk berlari di lintasan alami yang datar. Tapi jika lintasannya adalah lereng gunung, tentunya diperlukan sepatu yang telapaknya punya daya cengkeram yang baik,” kata pemegang rekor dunia lari ultramarathon itu.

Nama Hoka One One mungkin terdengar asing buat orang Indonesia. Tapi sepatu yang sudah hadir di AS sejak 2009 ini cukup populer di komunitas pelari.

Hoka One One – dibaca seperti tertulis demikian – adalah Bahasa Maori yang artinya kira-kira terbang di atas tanah. Kalimat itu dipakai karena sepatu ini dibuat ringan dengan bantalan yang tebal. Tujuannya agar penggunanya merasa seperti terbang.

Penggemar olahraga lari di Indonesia kini bisa lebih mudah mendapatkan berbagai model sepatu Hoka One One di gerai olahraga Planet Sports dan Sports Station.

“Sebagai sports retailler terbesar di Indoneseia, Planet Sports sangat senang menghadirkan Hoka One One sebagai respon atas pesatnya pertumbuhan komunitas lari di Indonesia,” kata Senior Head of Marketing MAP Active, Ade Sarah.

“Pelari dari berbagai daerah sangat antusias dengan kehadiran mereka ini di Indonesia. Banyak yang mengenal sepatu ini dari prestasi luar biasa Michael Wardian selama beberapa tahun terakhir. Prestasinya menjadi motivasi buat banyak pelari. Dia membuktikan bahwa segala sesuatu bisa diraih dengan latihan keras dan sepatu lari yang tepat,” ujarnya.