Kelompok teror Boko Haram.

Nigeria Bekuk Komandan Boko Haram

ABUJA,NIGERIA (IndependensI.com) – Seorang komandan kelompok teror Boko Haram telah ditangkap di Nigeria, kata seorang juru bicara militer pada Selasa (26/9/2017).

Sani Kukasheka Usman, Juru Bicara Angkatan Darat, mengatakan kepada wartawan bahwa pelaku teror, yang disebutkan bernama Idris Ibrahim Babawo, ditangkap pada Senin (25/9/2017) oleh polisi di Negara Bagian Ondo di bagian barat-daya Nigeria dan segera diserahkan kepada militer.

Babawo, menurut Angkatan Darat, diduga berada di berada pada urutan 156 di dalam daftar pelaku teror Boko Haram yang dicari oleh militer.

Penyelidikan awal oleh Angkatan Darat telah memperlihatkan tersangka, yang berusia 42 tahun, menyelamatkan diri dari wilayah timur-laut Nigeria akibat operasi militer, kata Usman, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu (27/9/2017) pagi.

Nigeria telah meraih kemenangan besar dalam perang melawan Boko Haram, dan pasukan keamanannya yang beroperasi di wilayah bergolak bagian timur-laut negeri tersebut mengusir petempur Boko Haram dari Hutan Sambisa, kamp pelatihan terbesar kelompok itu di negeri tersebut, pada Desember tahun lalu.

Tak kurang dari 1.400 orang yang diduga sebagai anggota Boko Haram saat ini ditahan di satu pusat penahanan di wilayah timur-laut negeri itu.

Boko Haram telah dituduh sebagai penyebab kematian lebih dari 20.000 orang dan terusirnya 2,3 juta orang lagi di Nigeria sejak aksi perlawanan mereka dimulai pada 2009.