Gara-gara Hoax, Jet Tempur Inggris Kawal Ryanair

JAKARTA (IndependensI.com) – Hoax bisa menipu siapa saja. Jangankan orang biasa, otoritas keamanan negara pun masih bisa terpancing oleh kabar palsu.

Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) mengerahkan jet tempurnya untuk mengawal sebuah pesawat penumpang, Rabu (4/10/2017). Pesawat jenis Typhoon itu mendampingi penerbangan Ryanair asal Lithuania yang menuju bandar udara Stansted, London.

“Penerbangan dari Kaunas ke London Luton itu dialihkan ke Stansted sesuai prosedur setelah pemerintah Lithuania menerima peringatan keamanan yang ternyata hoax,” kata juru bicara Ryanair seperti dikutip kantor berita AFP.

“Pesawat mendarat dengan normal di Stansted dan penumpang diangkut ke Luton naik kereta ketika keadaan dinyatakan sudah aman,” ujar pejabat maskapai penerbangan Irlandia itu.

Juru bicara Stansted mengatakan semua penerbangan ditunda selama sekitar 10 menit mulai pukul 08.55 waktu setempat.

Kepolisian Essex mengatakan bahwa mereka berada di lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan. Lembaga itu mengatakan bahwa kejadian ini “tidak diyakini sebagai pembajakan atau aksi terorisme”.

Pengguna media sosial mengunggah polisi bersenjata api di lokasi.

Kehadiran Typhoon menimbulkan suara gemuruh yang terdengar hingga di seluruh kawasan Suffolk di belahan timu Inggris.

RAF membenarkan bahwa mereka mengerahkan jet tempur sebagai reaksi atas adanya peringatan bahaya, untuk mencegat sebuah pesawat sipil.

“Pesawat Typhoon dipersilakan terbang dalam kecepatan supersonic untuk alasan operasional. Kami menyesalkan situasi tidak nyaman yang dirasakan penduduk lokal,” kata juru bicara RAF.