Presiden Argentina Mauricio Macri (tengah), Presiden Uruguay Tabare Vazquez (kanan), dan Presiden Paraguay Horacio Cartes mengumumkan kesepakatan ketiga negara mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 di istana kepresidenan Casa Rosada, Buenos Aires, Argentina, Rabu (4/10/2017). (AFP)

Argentina, Uruguay, dan Paraguay Bersatu Demi Piala Dunia 2030

JAKARTA (IndependensI.com) – Argentina, Uruguay, dan Paraguay mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Pencalonan dikonfirmasi presiden ketiga negara Amerika Selatan itu.

Presiden Paraguay Horacio Cartes tampil sebagai penggagas dengan pertama kali mengusulkannya pada Agustus lalu. Cartes bertemu Presiden Argentina Mauricio Macri dan Presiden Uruguay Tabare Vazquez di Buenos Aires, Rabu (4/10/2017), untuk mengumumkan pencalonan.

Uruguay adalah tuan rumah pertama Piala Dunia pada 1930. Pada final di Montevideo, Uruguay mengalahkan Argentina 4-2.

“Pertemuan pertama (untuk persiapan pencalonan) akan diselenggarakan pada pekan pertama November,” kata Cartes.

“Banyak negara lain ingin menjadi tuan rumah. Tapi ada alasan kuat untuk menggelarnya lagi di Uruguay dalam perayaan 100 tahun,” ujarnya.

Vazquez mengungkapkan bahwa dia hanya butuh waktu “kurang dari 40 detik” untuk menyetujui proposal bersama dengan Argentina, setelah menerima Macri di Uruguay pada Januari 2016. Macri mengatakan keputusannya menerima Paraguay juga tidak perlu waktu lama.

Kebetulan, ketiga presiden ini adalah orang sepakbola. Macri adalah mantan presiden klub sepakbola papan atas Argentina, Boca Juniors. Vazquez pernah menjadi presiden klub Progreso. Cartes adalah mantan presiden Club Libertad.

Amerika Selatan terakhir kali menjadi tuan rumah Piala Dunia di Brasil pada 2014. Proses pencalonan belum dibuka, tapi sejumlah negara sudah mulai ambil ancang-ancang. Salah satunya adalah China.

Presiden Badan Sepakbola Eropa (UEFA), Aleksander Ceferin, mengatakan pada Juni lalu bahwa Eropa semestinya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Ceferin mengatakan bakal mendukung Inggris atau Inggris Raya jika negara itu memang ingin maju.

Uruguay dan Argentina sama-sama sudah dua kali menjadi juara Piala Dunia. Uruguay meraihnya pada gelaran pertama dan menjadi juara lagi pada 1950.

Argentina pertama kali meraih Piala Dunia saat menjadi tuan rumah pada 1978 dan kembali menjuarainya di Meksiko pada 1986.

Piala Dunia berikutnya akan dilangsungkan di Rusia pada 2018. Qatar menjadi tuan rumah pada 2022.

Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada dijagokan sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2026. Pesaing mereka hanya satu yaitu Maroko.

Piala Dunia 2026 akan menjadi yang pertama dengan 48 tim. Jumlah kontestan ditambah dari saat ini yang hanya diikuti 32 tim.