Lewis Hamilton. (Istimewa)

Hamilton Selangkah Lagi

SUZUKA (IndependensI.com) – Lewis Hamilton kini tinggal selangkah lagi untuk meraih gelar juara dunia balap Formula 1 yang keempat kalinya. Kepastian ini setelag memenangi Grand Prix (GP) Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu. Sebastian Vettel sebagai saingan terdekat Hamilton, harus memendam kecewa gagal finis karena masalah mesin, Vettel yang memperkuat tim Ferrari hanya berlomba hingga lap keempat sebelum masuk pit.

Hamilton yang start terdepan tersebut, finis lebih cepat 1,2 detik dari pembalap tim Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, sehingga kini memimpin 59 poin penuh dalam klasemen umum kejuaraan dunia. “Saya hanya menginginkan untuk mempertahankan gap ini. Dan saya tidak mengatakan bahwa gelar juara sudah ada di satu tanggan saya,” kata Hamilton seperti dikutip dari crash.net.  “Masih ada 100 poin yang bisa diperebutkan, jadi saya harus tetap menginjak pedal gas,” tambahnya.

Sukses di Jepang bagi Hamilton adalah uang ke-61 kali sepanjang kariernya atau yang ketiga di Sirkuit Suzuka. Dengan semakin jauhnya selisih poin atas peringkat kedua Vettel, maka Hamilton bakal bisa memastikan gelar juara pada balap selanjutnya di Austin, Texas, 22 Oktober mendatang.

Sementara itu Vettel menyatakan kecewa karena kegagalannya di GP Jepang ini membuat peluangnya untuk meraih gelar juara dunia tahun ini kandas. “Tentu ini menyakitkan, dan kami semua kecewa,” kata Vettel yang terlihat memeluk para mekaniknya setelah masuk pit karena kerusakan mesin. “Kini menurut saya kami harus bangkit, istirahat sebenar dan menyelesaikan empat seri balap terakhir dan melihat apa yang terjadi,” kata Vettel.