Penyerang Polandia, Robert Lewandowski, merayakan golnya ke gawang Montenegro pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion Nasional, Warsawa, Polandia, Senin (9/10/2017) dini hari WIB. Polandia ke Rusia 2018 sebagai juara Grup E setelah menang 4-2. (AFP)

Rekor Lewandowski Iringi Polandia ke Piala Dunia 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Robert Lewandowski bikin rekor dengan mencetak golnya yang ke-16 di kualifikasi Zona Eropa. Rekor itu mengiringi sukses Polandia ke putaran final Piala Dunia 2018.

Polandia memantapkan posisinya di puncak klasemen akhir Grup E dengan mengalahkan Montenegro 4-2 di Stadion Nasional, Warsawa, Senin (9/10/2017) dini hari WIB. Tim asuhan Adam Nawalka mengumpulkan 25 poin dari 10 pertandingan, unggul lima angka atas rival terdekatnya, Denmark.

Montenegro berada di peringkat tiga dengan 16 poin. Posisi berikutnya ditempati Rumania dengan 13 poin, Armenia dengan tujuh poin, dan Kazakstan dengan tiga poin.

Pertandingan baru berlangsung sekitar enam menit ketika Krzysztof Maczynski menjebol gawang Montenegro. Tim tuan rumah mengemas gol kedua di menit 16 melalui serangan Kamil Grosicki.

Montenegro, yang berusaha meraih tiket play-off antarbenua, mampu menyamakan skor melalui gol Stefan Mugosa di menit 78 dan Zarko Tomasevic di menit 83.

Polandia baru unggul lagi di menit 85 dengan gol Lewandowski. Sekitar dua menit berselang, Polandia memperbesar keunggulan melalui gol bunuh diri Filip Stojkovic.

Lewandowski mengaku sempat cemas setelah Montenegro menyamakan kedudukan. “Saya marah. Kami unggul 2-0 di kandang tapi membiarkan mereka bikin dua gol. Kami harus mencetak gol ketiga untuk menenangkan keadaan,” kata penyerang Bayern Munich itu seperti dikutip kantor berita AFP.

Gol di Warsawa membuat Lewandowski unggul satu gol atas rekor penyerang tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo.

“Selamat buat semua pemain yang bisa mempertahankan keunggulan hingga akhir,” kata Nawalka.

“Para pemain sudah membuktikan kemampuannya melewati saat-saat sulit. Sekarang kami sudah lolos dan dengan cara yang anggun,” ujarnya.

Denmark butuh kemenangan atas Rumania di Kopenhagen sambil berharap Montenegro mengalahkan Polandia. Peluang menjadi juara grup sempat terbuka setelah Christian Eriksen sukses mengeksekusi penalti di menit 59.

Kans Denmark semakin besar setelah pemain Rumania, Cristian Ganea, kena kartu merah di menit 63. Namun Rumania mampu menyamakan skor jelang laga usai. Gol penyeimbang dihasilkan Ciprian Deac di menit 88.