Para pemain Portugal merayakan kemenangan atas Swiss pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Luz, Lisabon, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. (AFP)

Sisihkan Swiss, Portugal Melaju ke Piala Dunia 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Portugal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menang 2-0 atas Swiss di Stadion Luz, Lisabon, Rabu (11/10/2018) dini hari WIB.

Hasil itu membuat kedua tim sama-sama mengoleksi 27 poin dari 10 pertandingan Grup B. Namun Portugal berhak menyandang status juara grup dengan keunggulan selisih gol.

Gol bunuh diri Johan Djourou di menit 41 mengawali kemenangan Portugal di depan publiknya sendiri. Gol kedua dihasilkan Andre Silva di menit 57.

Swiss, yang mengalahkan Portugal di kandang dengan skor 2-0 tahun lalu, memenangi sembilan laga kualifikasi sebelumnya. Namun kekalahan di laga penutup ini membuat “Palang Putih” harus menjalani play-off pada November mendatang agar bisa lolos ke Piala Dunia untuk keempat kalinya berturut-turut.

“Kami tidak pernah merasa sebagai tim terbaik di dunia. Tapi kami memang punya kemampuan untuk head to head melawan siapa pun,” kata pelatih Portugal, Fernando Santos, seperti dikutip kantor berita AFP.

“Kalah di laga pertama kualifikasi, tepat setelah menjuarai Euro 2016, rasanya amat menyakitkan. Namun kami bisa menebusnya di laga berikutnya,” ujarnya.

“Dari saat itu, saya selalu yakin kami harus memenangi semua pertandingan berikutnya karena saya tahu Swiss juga tidak akan kehilangan angka sebelum datang ke Lisabon,” kata Santos.

Cristiano Ronaldo, yang absen dalam kekalahan di Swiss karena cedera, kembali masuk daftar susunan pemain. Akhir pekan lalu, bintang Real Madrid itu tampil sebagai pemain pengganti untuk mempersembahkan gol pertama dalam kemenangan 2-0 atas Andorra.

Swiss gagal menyamai rekor kemenangan 100 persen di kualifikasi Eropa seperti yang dibukukan Jerman tahun ini dan Spanyol untuk Piala Dunia 2010.