Pemain depan Real Madrid, Cristiano Ronaldo (tengah), berebut bola dengan pemain Eibar, Jose Angel (kiri) dan Arbilla, pada pertandingan Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu (22/10/2017). (AFP)

Zidane Jagokan Ronaldo Raih Bola Emas

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menjagokan Cristiano Ronaldo untuk meraih penghargaan Bola Emas 2017.

Ronaldo belum tampil maksimal. Dia absen di empat pertandingan Liga Spanyol 2017-2018 karena skorsing. Penyerang Portugal itu juga hanya bikin satu gol dari lima pertandingan terakhir dan membuang peluang di depan gawang saat Madrid mengalahkan Eibar 3-0, Minggu (22/10/2017).

Namun di mata Zidane, Ronaldo masih yang terbaik dan pantas menerima penghargaan tertinggi dari FIFA.

“Dia adalah pemain terbaik,” kata Zidane ketika ditanya apakah Ronaldo pemain terbaik di generasinya.

Ronaldo diperkirakan mengalahkan rival beratnya, Lionel Messi, dalam perebutan Ballon d’Or tahun ini. Ronaldo mencetak 10 gol mulai dari perempat final Liga Champions yang mengantar Real Madrid meraih gelar ganda, di pentas domestik dan Eropa, untuk pertama kalinya dalam 59 tahun.

Tapi musim ini Messi sudah bikin 15 gol untuk Barcelona di berbagai kompetisi. Messi juga bikin hat-trick ke gawang Ekuador yang memastikan Argentina lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

“Ronaldo sudah sering memperlihatkan bahwa dia pantas menyandang nama besar. Dia layak mendapatkan semua penghargaan karena dia selalu ingin menjadi yang terbaik dan dia bisa melakukannya,” kata Zidane.

Zidane juga membela rekan senegaranya, Karim Benzema, setelah mantan penyerang Inggris dan presenter televisi Gary Lineker menyebut pemain Prancis itu “terlalu dilebih-lebihkan”.

Komentar Lineker itu terkait kegagalan Benzema memanfaatkan dua peluang ketika Real ditahan Tottenham Hotspur 1-1 pada pertandingan Liga Champions di Madrid, pekan lalu.

“Dia bisa melontarkan pendapat karena dia banyak di televisi. Tapi jika dia bilang kemampuan Karim terlalu dilebih-lebihkan, saya tidak sependapat,” kata Zidane.

“Saya senang melihat penampilan dia di lapangan,” ujarnya.

Setelah gol bunuh diri Paulo Oliveira dan serangan Marco Asensio membuat Madrid unggul atas Eibar, Benzema tampil sebagai pemain pengganti untuk membantu Marcelo mencetak gol ketiga.

“Umpan cemerlang dari Benzema. Dengan kualitas seperti itu, sulit dimengerti kenapa Zidane tidak memasangnya di starting line up,” kata Lineker seolah membalas pernyataan Zidane.