Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Istimewa)

Fajar/Rian Kalahkan Unggulan Empat

PARIS (IndependensI.com) – Kejutan terjadi di sektor ganda putra, saat ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memulangkan unggulan keempat, Li Junhui/Liu Yuchen. Pada laga babak pertama French Open Super Series 2017, pasangan Tiongkok tersebut takluk dua game langsung dengan skor 19-21, 13-21, Rabu (25/10).

Dalam tiga turnamen berturut-turut, Li/Liu yang pernah bertengger di rangking satu dunia ini selalu dijegal pemain Indonesia. Di Kejuaraan Dunia 2017, keduanya dihentikan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dengan skor 21-19, 18-21, 18-21. Pada Denmark Open Super Series Premier 2017, Li/Liu ditaklukkan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dengan skor 18-21, 9-21. Kini giliran Fajar/Rian yang menghentikan perlawanan Li/Liu. Sedangkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga unggul 2-1 dalam catatan rekor pertemuan, dimana dua pertemuan terakhir dimenangkan Kevin/Marcus.

“Senior-senior kami akhir-akhir ini bisa mengalahkan Li/Liu, tentunya ini menjadi motivasi buat kami. Kunci kemenangan kami adalah dari servis dan pengembalian servis. Kami juga bermain agresif,” kata Rian seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI. “Saya sudah tiga kali kalah dari mereka, waktu di junior juga pernah kalah. Jadi saya ingin sekali menang, tetapi nggak mau mikirin banget, karena kalau terlalu ingin menang juga nggak baik. Kami tetap berusaha main lepas, tidak ada yang tidak mungkin. Kami tidak menyangka juga menangnya dua game langsung, mereka kan pasangan top level,” jawab Fajar.

Sementara itu, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro lolos ke babak kedua dengan menundukkan Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan), dengan skor 21-17, 21-18. Sedangkan dari nomor tunggal putri, langkah Dinar Dyah Ayustine dihentikan Saena Kawakami (Jepang), dengan skor 11-21,16-21.