Reklame tentang Asian Games 2018. (Dok/Ist)

Peralatan Latih-Tanding Tunggu Lelang Pengadaan

JAKARTA (IndependensI.com) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta pengurus cabang-cabang olahraga untuk segera mengajukan kebutuhan peralatan jelang Asian Games sebelum Januari 2018. “Kami mengharapkan proses lelang pengadaan perlatan sebelum pengajuan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sehingga cabang-cabang olahraga dapat menggunakan peralatan pada Januari-Februari 2018,” kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/10).

Gatot berharap proses lelang pengadaan barang peralatan olahraga berdasarkan anggaran 2018 tidak berlangsung pada Januari karena berpotensi penggunaan mendesak dengan Asian Games pada Agustus 2018. “Saya sudah meminta Deputi IV Kemenpora agar menjelaskan mekanisme anggaran, penilaian, serta hak dan kewajiban masing-masing pengurus induk cabang olahraga,” kata Gatot.

Pengurus induk cabang olahraga, menurut Gatot, masih berhak mengajukan peralatan latihan sesuai anggaran 2017 jika pengajuan mereka sudah dianggarkan oleh pejabat pembuat komitmen eks-Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Kemenpora telah mendapatkan persetujuan dari Komisi X DPR RI terkait Anggaran tahun 2018 termasuk anggaran Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional sebesar Rp735.060.000.000. Anggaran Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional itu termasuk untuk memenuhi kebutuhan peralatan latihan dari cabang-cabang olahraga.

Selain permintaan pengajuan kebutuhan peralatan latihan lebih awal, Kemenpora juga menjelaskan proses administrasi pendatangan barang-barang impor olahraga sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 256 tahun 2017. “Kami menganggap pertemuan terkait penjelasan peraturan tentang pembebasan barang impor olahraga itu penting menyusul agenda kejuaraan olahraga internasional di Indonesia pada 2018 selain Asian Games dan Asian Para Games,” kata Gatot.

Proses administrasi pendatangan barang-barang impor olahraga itu, lanjut Gatot, juga terkait kebutuhan pengiriman peralatan para peserta Asian Games dan Asian Para Games. “Kami juga akan menggelar pertemuan dengan cabang-cabang olahraga yang sekaligus mengundang Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) dan Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC),” kata Gatot.