Wakil Gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Sabtu (28/10/2017). (Rezereno/IndependensI.com)

Wagub Jatim Dorong Pemuda Pulau Bawean Kembangkan Potensi Daerah

GRESIK (IndependensI.com) – Peran pemuda sangat diperlukan, untuk mengembangkan kawasan wisata di kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik Jawa Timur. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuh (Gus Ipul) saat memimpin upacara bendera dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Pulau Bawean, Sabtu (28/10/2017).

“Saya sangat senang bisa berkunjung kembali ke pulau Bawean, karena ini adalah kali kedua saya berkunjung ke sini. Terus terang saya sangat mengagumi pulau Bawean, karena kondisi lingkungan dan ramahnya para penduduk saat menyambut tamu yang datang. Disisi lain, potensi wisata yang dimiliki pulau Bawean akan memikat hati wisatawan,” ujar orang nomor dua di Jawa Timur itu.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sangat mengapresiasi langkah dan komitmen Pemerintah Kabupaten Gresik yang hingga kini selalu melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di Bawean. Dan saya yakin bahwa potensi yang dimiliki Bawean, belum tentu dimiliki daerah lain,” tuturnya.

Ditambahkan Gus Ipul, melalui momentum hari sumpah pemuda kali ini hendaknya bisa di jadikan sebagai pemacu semangat. Untuk para pemuda di berbagai daerah khususnya di Kabupaten Gresik untuk berperan aktif demi kemajuan daerahnya. Terutama untuk kemajuan Pulau Bawean.

“Pemuda merupakan ujung tombak pembangunan di berbagai hal, apalagi di era kemajuan teknologi seperti saat ini. Pemuda harus bisa menjadi alat pemersatu bangsa ditengah berbagai macam perbedaan yang ada. Karena, masyarakat Indonesia itu majemuk,” lanjutnya.

“Bahaya radikalisme juga semakin menghantui dan semakin berkembang dimana-mana, makanya seluruh elemen masyarakat terutama para pemuda. Harus kompak bersama-sama membentengi diri dari bahaya radikalisme dan dampak yang ditimbulkan,” imbaunya.

Senada juga disampaikan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim bahwa pemuda adalah kelompok pembawa perubahan atau Agent of Change dalam menjaga situasi dan kondisi di wilayahnya agar tetap kondusif.

Di sisi lain, dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada Pulau Bawean diperlukan campur tangan semua pihak terutama para pemudanya agar selalu berperan aktif didalamnya,” ucapnya. (Rezereno)