Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan), merayakan golnya ke gawang NK Maribor pada penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Kamis (2/11/2017) dini hari WIB. (AFP)

Gasak Maribor, Liverpool Tatap 16 Besar

JAKARTA (IndependensI.com) – Liverpool memperbesar peluang lolos ke 16 besar Liga Champions usai mengalahkan NK Maribor 3-0 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (2/11/2017) dini hari WIB.

Kemenangan itu melengkapi dominasi “the Reds” atas Maribor. Pada pertemuan pertama di Slovenia, dua pekan lalu, tim asuhan Jurgen Klopp menundukkan Maribor tujuh gol tanpa balas.

Tampil di depan pendukung sendiri, Liverpool justru agak kesulitan menundukkan Maribor. Gol pertama baru tercipta sekitar empat menit memasuki babak kedua lewat serangan Mohamed Salah.

Emre Can menggandakan keunggulan tim tuan rumah di menit 64. Daniel Sturridge memperbesar kemenangan Liverpool dengan golnya di menit 90.

Liverpool pun memimpin klasemen sementara Grup E dengan delapan poin dari empat pertandingan, unggul satu angka atas Sevilla.

“Grup ini mungkin yang paling menarik di Liga Champions,” kata Klopp kepada BT Sports.

“Belum ada yang pasti lolos atau tersingkir. Jika kami masih ingin bermain pada Februari nanti, kami harus memenangi dua pertandingan sisa,” ujarnya.

Liverpool dijadwalkan menjalani laga tandang melawan Sevilla di pertandingan berikutnya. Laga terakhir adalah melawan Spartak di Moskow, awal Desember 2017.

Di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, tuan rumah Sevilla menang 2-1 atas Spartak. Sevilla unggul lebih dulu lewat gol Clément Lenglet di menit 30 dan Ever Banega di menit 59. Spartak memperkecil kekalahan melalui gol Zé Luís di menit 78.

Spartak menempati peringkat tiga Grup E dengan lima poin. Klub Liga Rusia ini tetap punya peluang lolos ke 16 besar karena hanya tertinggal tiga angka dari Liverpool dan dua angka dari Sevilla. Syaratnya, Spartak harus memenangi dua pertandingan terakhir.

Maribor berada di posisi terbawah dengan satu poin. Di atas kertas, klub Slovenia ini masih bisa lolos, sebagai runner-up Grup E,  asal mampu memenangi dua pertandingan terakhir melawan Spartak dan Sevilla.