Menhub, Hadiri Rakor Menghadapi Natal dan Tahun Baru di Kemendag

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (kanan) bersama  Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (kiri). turut hadir perwakilan Bulog dari seluruh propinsi di Indonesia saat menggelar Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan 2017 dan Tahun Baru 2018 serta sosialisasi kebijakan Perdagangan Dalam Negeri 2017 yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017). Dalam kesempatan ini, Menhub menjelaskan pemanfaatan Tol Laut dan kapal ternak untuk pendistribusian logistik ke daerah-daerah dan sebaliknya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti (kiri), Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Bachrul Chairi (kanan) saat rapat koordinasi  Hari Besar Keagamaan 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017). Langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah pusat dan daerah menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 antara lain memantau dan melaporkan perkembangan harga secara intensif, meningkatkan koordinasi antar instansi di pusat dan daerah serta memastikan pelaku usaha tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan tidak menimbun barang agar tidak terjadi spekulasi. secara umum, periode Desember-Januari terjadi tren peningkatan inflasi dibanding bulan-bulan sebelumnya meskipun tidak sebesar inflasi pada periode Ramadhan-Lebaran.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Irjen Setyo Wasisto (kiri) bersama Menhub dan Mendag di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017). Ketua Satgas Pangan akan melakukan tiga langkah koordinasi, pencegahan, dan penegakan hukum sebagai upaya menjaga ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.