Pelatih Chelsea, Antonio Conte (kanan), dan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, memberi instruksi kepada pemainnya masing-masing saat Chelsea menjamu MU pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Minggu (5/11/2017). (AFP)

Conte Ultimatum Luiz

JAKARTA (IndependensI.com) – Antonio Conte memberi ultimatum kepada David Luiz. Jika bek asal Brasil itu tidak juga memperbaiki penampilannya, Conte bakal mempersilakannya meninggalkan Chelsea.

Luiz sudah kena hukuman dengan tidak dimainkan saat Chelsea menjamu Manchester United di Stamford Bridge, London, Minggu (5/11/2017). Pada pertandingan Liga Inggris itu, “the Blues” menang 1-0.

Mantan bintang Paris Saint Germain itu hanya menyaksikan pertandingan dari tribun penonton. Andreas Christensen, Cesar Azpilicueta, dan Gary Cahill mengisi lini pertahanan Chelsea. Ketangguhan ketiganya membuat tim tuan rumah mampu mengamankan keunggulan setelah Alvaro Morata bikin gol di menit 55.

Conte mengistirahatkan Luiz setelah kekalahan dari Roma di Liga Champions. Dalam wawancara televisi setelah laga melawan MU, Conte mengisyaratkan bakal terus menyisihkan Luiz.

“Sederhana saja. Pelatih harus membuat keputusan terbaik untuk tim. Malam ini keputusan terbaik adalah memainkan (Andreas) Christensen dan menempatkan (Ethan) Ampadu di bangku cadangan,” kata Conte.

“Saya sudah memutuskan seperti itu untuk pertandingan tadi, mungkin saya akan memutuskan lain di masa depan. Tapi bisa juga saya bikin keputusan yang sama,” ujarnya.

Masa depan Conte sendiri diragukan setelah pekan lalu pemilik klub, Roman Abramovich, meninjau langsung pusat latihan. Laporan yang beredar menyebutkan bahwa sejumlah pemain mengeluhkan beratnya porsi latihan yang diberikan Conte.

Sementara itu, pelatih Manchester United, Jose Mourinho, mengatakan cederanya Paul Pogba adalah salah satu penyebab tim asuhannya menelan kekalahan kedua dari tiga pertandingan terakhir di Liga Inggris.

“Setan Merah” harus segera bangkit jika tidak mau dikalahkan Manchester City dalam perebutan gelar juara musim ini.

“Tentu saja kami cemas. Tapi delapan poin di Liga Inggris tidak sama seperti delapan poin di La Liga atau Bundesliga. Masih banyak yang harus dimainkan. Saya harap dalam periode padat di akhir November, Desember, kami bisa tampil maksimal dengan kembalinya Pogba dan (Zlatan) Ibrahimovich,” kata Mourinho.

Mourinho juga membela Lukaku yang belakangan ini tumpul. Penyerang Belgia itu kini sudah tujuh pertandingan tanpa gol.

“Saya tidak memusingkan statistik. Saya senang dengan perilakunya. Dia punya peluang bikin gol dan membuka kesempatan untuk pemain lain,” kata Mourinho.