Anne Avantie

Anne Avantie, Kebaya dan Tips Bisnis Bagi Pengrajin UMKM

JAKARTA (IndependensI.com) – Meraih sebuah kesuksesan tidak selalu dicapai dengan mudah tanpa rintangan. Pendidikan tinggi juga tidak menjamin seseorang bakal meraih sukses. Nah, apa kiat yang dilakukan oleh seorang pengusaha sukses bernama Anne Avantie?

Hal itu pula yang dibagikan oleh perancang busana ternama Indonesia yang terkenal dengan kebayanya Anne Avantie ketika memberikan motivasi kepada sekitar 300 pengrajin usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Medan, Sumatera Utara. KIsah sukses Anne Avantie diharapkan bisa menjadi inspirasi guna membantu pengrajin tersebut untuk mengembangkan usaha mereka.

Motivasi itu disampaikan saat menjadi pembawa materi dalam seminar Pelaku UMKM Kota Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (13/11/2017).

Anne Avaantie menceritakan kisah inspiratifnya selama 28 tahun berkarya di bidang fashion design. Meski hanya tamatan SMP, namun ibu empat anak itu berhasil menjadi salah satu perancang busana papan atas di Tanah Air, terutama busana kebaya.

Dikatakannya, kunci utama dari kesuksesan yang diraih adalah percaya diri akan bakat yang dimiliki. Tidak hanya tentang kesuksessan yang diraihnya saat ini, Anne juga menceritakan masa lalunya yang penuh kepahitan yang justru memotivasinya untuk bangkit dan meraih kesuksesan. Selain bakat, juga harus didukung dengan inovasi dan rasa percaya diri serta tidak pernah iri terhadap orang lain.

“Jika kita memiliki produk yang sama dengan orang lain, kita harus berusaha untuk lebih kreatif serta produk yang kita hasilkan harus memiliki ciri khas tersendiri. Yang lebih peting lagi, kita jangan pernah pesimis sebab rezeki itu sudah diatur Tuhan. Ingat, rezeki kita tidak pernah tertukar dengan orang lain,” katanya.

Di depan para pengrajin UMKM yang hadir, Anne memberikan tips agar menyadari karunia yang diberikan Tuhan cukup besar, kemudian tidak pernah iri dengan kesuksesan orang lain dan selalu introspeksi diri. “Yang lebih penting lagi, kurangi persoalan-persoalan baik dalam rumah tangga maupun luar rumah sehingga ide kreatif bisa dieksplor serta terus kembangkan bakat yang dimiliki,” katanya.

Sementara Ketua TP.PKK Kota Medan sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan Rita Maharani mengatakan melalui seminar itu diharapkan pengrajin UMKM di Kota Medan dapat termotivasi dalam rangka menelurkan karya-karya yang lebih berkualitas.

Anne berkeinginan masyarakat Kota Medan semakin berdaya dalam menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan ekonomi kreatif sebagai bagian dari entitas pembangunan kota. “Jika masyarakat memiliki daya perekonomian kerakyatan yang semakin menguat, efeknya akan membuat perekonomian Kota Medan semakin meningkat secara keseluruhan,” tuturnya.