Pegolf AS, Austin Cook, berfoto dengan trofi juara RSM Classic di Sea Island Golf Club, Georgia, AS, Sabtu (19/11/2017). (AFP)

Cook Pecah Telur di US PGA Tour

JAKARTA (IndependensI.com) – Austin Cook meraih gelar pertamanya di ajang US PGA Tour dengan menjuarai RSM Classic di Sea Island Golf Club, Georgia, AS, Minggu (19/11/2017).

Pegolf Amerika itu menyelesaikan hari terakhir dengan 67 pukulan atau 3-under untuk unggul empat pukulan atas rekan senegaranya, JJ Spaun. Total Cook membukukan 21-under.

Gelar ini adalah yang pertama diraih Cook dalam 14 kali partisipasinya di US PGA Tour.

“Ini amat berarti buat saya. Tentu saja saya selalu berpikir bisa meraihnya tapi setelah benar-benar mendapatkannya, rasanya sulit dipercaya.  Saya masih belum percaya sudah juara setelah lubang ke-18,” kata Cook seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (20/11/2017).

Pegolf berusia 26 tahun asal Arkansas itu menjadi orang keempat berturut-turut yang meraih trofi PGA pertamanya. Keberhasilan ini akan mendongkrak posisi Cook di peringkat dunia dari urutan 302 ke urutan 150.

Cook, yang mengaku sulit tidur di malam jelang hari terakhir, unggul satu pukulan setelah menyelesaikan sembilan lubang pertama. Dia sempat terganggu dengan bogey di lubang ke-11 tapi mampu menjaga keunggulan hingga lubang terakhir.

“Saya sudah menduga tiupan angin akan kencang dari awal hingga akhir. Saya hanya berusaha bermain sebagus mungkin dan untungnya saya bisa segera menyesuaikan diri,” kata Cook.

Pegolf Amerika lain, Brian Gay, mencatatkan eagle di dua dari empat lubang terakhir. Hasil itu menempatkannya di urutan tiga dengan 68 pukulan.

Gay melepas pukulan kedua untuk mendaratkan bola hanya beberapa centimeter dari lubang ke-15. Dia kemudian bikin double bogey di lubang ke-16. Di lubang terakhir, Gay berhasil memasukkan bola dari jarak 161 yard.