Ilija Spasojevic
Ilija Spasojevic. (foto istimewa)

Status Spaso Beri Keuntungan pada Bali United

JAKARTA (IndependensI.com) – Bali United mendapat kabar gembira terkait status penyerang anyarnya, Ilija Spasojevic.

Otoritas Sepak Bola Asia (AFC) mengakui Spaso sebagai pemain lokal Indonesia. Artinya, pemain kelahiran Bar, Montenegro, 11 September 1987, itu bisa saat turun di Liga Champions Asia ataupun Piala AFC.

Semula AFC menganggap Spaso sebagai pemain asing kendati sudah dinaturalisasi dan pernah tampil membela timnas Indonesia melawan Guyana. Aturan pengakuan pemain lokal jika sudah berlangsung selama setahun. Spaso  resmsi menjadi warga negara RI pada Oktober 2017 lalu.

CEO Bali United, Yabes Tanuri sebelumnya mengatakan bila status Spaso sebenarnya bisa disebut pemain lokal karena telah memenuhi beberapa persyaratan. “Ada beberapa persyaratan yang telah dipenuhi Spaso untuk dianggap sebagai pemain lokal,” kata Yabes dilansir laman resmi Bali United.

“Pertama, dia sudah tinggal di Indonesia selama lebih dari lima tahun. Kedua, Spaso pernah bermain untuk timnas Indonesia saat melawan Guyana,” imbuh Yabes. “Kami berdiskusi dengan AFC terkait status Spaso. Ada beberapa persyaratan yang telah dipenuhi Spaso untuk dianggap sebagai pemain lokal.”

Keuntungan pengakuan Spaso sebagai pemain lokal akan memastikan Bali United bisa diperkuat empat pemain asingnya, Ahn Byungkeon, Demerson Bruno Costa, Kevin Brands dan Nick Van Der Velden, pada kualifikasi pertama Liga Champions Asia 2018 melawan klub Singapura Tampines Rovers di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, besok (16 Januari 2018).

Kegembiraan Spaso mendapat pengakuan AFC diungkap dalam akun Twitter dan Instagram miliknya. Mantan pemain Bhayangkara FC itu memajang fotonya dengan senyuman merekah di bibir dan kedua tangan seperti meneropong, diimbuhi kalimat “Ilija Spasojevic resmi berstatus pemain lokal di kompetisi Asia.”(BM)