Pemain depan Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mencium trofi juara Piala Dunia Antarklub FIFA 2017 usai mengalahkan Gremio 1-0 pada final di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (16/12/2017). (AFP)

Ronaldo Tak Mau Pindah ke Lain Hati

JAKARTA (IndependensI.com) – Cristiano Ronaldo menegaskan keinginannya memperkuat Real Madrid hingga akhir karier bermainnya.

“Saya amat menginginkannya, tapi banyak hal yang bukan keputusan saya semata. Hal yang hanya bisa saya putuskan adalah apa yang saya lakukan di lapangan,” kata Ronaldo usai mencetak gol tunggal ke gawang Gremio pada final Piala Dunia Antarklub FIFA di Abu Dhabi, Sabtu (16/12/2017).

Gol di final menjadikan Ronaldo top scorer di ajang ini dengan tujuh gol. Musim ini, kapten tim nasional Portugal itu sudah mempersembahkan total 15 gol untuk Real Madrid.

Ronaldo Pastikan Real Madrid Juara Dunia

“Saya bukan orang yang mengelola klub. Sudah ada orang yang bertanggung jawab. Tugas saya ada di lapangan dan saya rasa saya melakukannya dengan baik. Di luar itu, saya tidak bisa mengendalikannya,” kata pemain berusia 32 tahun itu seperti dikutip kantor berita AFP, Minggu (17/12/2017) pagi.

Ronaldo menandatangani perpanjangan kontrak dengan “Los Galacticos” tahun lalu. Kontrak itu mengikatnya di Stadion Santiago Bernabeu hingga 2021.

Dia sempat dikabarkan tidak betah lagi di Madrid karena adanya tuntutan penghindaran pajak yang diajukan otoritas hukum Spanyol. Dalam satu kesempatan, Ronaldo sempat mengutarakan kekesalannya karena manajemen klub tidak banyak membantunya menyelesaikan perkara tersebut.

Ronaldo dipanggil ke pengadilan pada Juli 2017 setelah dituduh menyembunyikan penghasilan sebenarnya antara 2011 dan 2014. Nilai pajak tertunggaknya mencapai 14,7 juta euro.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, berharap Ronaldo tetap bersama “Los Blancos”.

“Cristiano masih kami butuhkan di sini. Dia sudah berada di klub yang tepat. Klub ini adalah rumahnya dan tidak ada yang bisa melakukan seperti apa yang dia lakukan. Jadi mudah-mudahan dia bertahan di sini hingga pensiun,” ujar pelatih asal Prancis itu.

Cristiano Ronaldo pindah dari Manchester United ke Real Madrid pada 2009. Sejak itu dia sudah banyak memecahkan rekor. Salah satunya menjadi pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang masa dengan total 434 gol dalam 414 pertandingan.

Bulan lalu, Ronaldo mendapatkan penghargaan Ballon d’Or untuk kelima kalinya. Pencapaian itu membuatnya menyamai rekor bintang Barcelona, Lionel Messi.

Ronaldo juga membantu Real Madrid meraih trofi kelima sepanjang 2017. Presiden klub, Florentina Perez, menyebutnya sudah setara dengan legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano.

“Tidak diragukan lagi, dia adalah yang terbaik. Bukan hanya karena bakat dan teknik bermainnya, tapi juga karena ambisi, upaya, dan kepemimpinnanya. Sulit menemukan pemain yang lengkap seperti Cristiano,” kata Perez kepada Madrid TV.

“Saya melihat Alfredo di Stefano bermain ketika saya masih anak-anak. Cristiano adalah titisan dia. Madrid sekarang berbeda dibanding Madrid yang dulu, Cristiano yang memulai era baru,” ujarnya.