Radakng, Gedung tempat perayaan Natal nasional 2017 di Kalimantan Barat

Presiden Pastikan Hadiri Natal Nasional di Pontianak

PONTIANAK (IndependensI.com) – Gubernur Kalbar, Cornelis bersama Ketua Umum Panitia Natal Oikumene Nasional yang juga Menteri ESDM RI Ignatius Jonan meninjau persiapan teknis tempat diselenggarakannya Natal Oikumene Nasional.

“Terkait kesiapan penyambutan kedatangan Presiden RI untuk menghadiri Natal Oikumene Nasional di Pontianak, siap tidak siap harus siap karena Negara sudah mempercayakan kegiatan akbar ini kepada masyarakat Kalimantan Barat khususnya umat Nasrani Kalimantan Barat,” kata Cornelis, di Pontianak, Kamis (28/12/2017).

Dari pantauan di lapangan, terlihat kursi-kursi dan tata panggung sedang dipersiapkan panitia ketika Ignatius Jonan dan Cornelis bersama Kapolda Kalbar serta instansi terkait lainnya meninjau Rumah Radakng. “Kita pastikan, sudah beres semua, sehingga ketika kegiatan ini dibuka, sudah tidak ada masalah lagi,” tuturnya.

Dia kembali menginfokan, rencananya kegiatan itu akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 15.30 WIB, dimana sebelumnya, Presiden akan melakukan beberapa kegiatan di Pontianak.

Sebelum meninjau kesiapan Teknis Natal Oikumene Nasional di Rumah Radakng, Ketua Umum Panitia Natal Nasional Ignatius Jonan bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Nasional Cornelis yang juga Gubernur Kalimantan Barat menyerahkan Bantuan sosial Panitia Natal Oikumene Nasional 2017 kepada Yayasan Bhakti Suci di Vihara Bodhisatva Karaniya Metta Kapuas Besar Pontianak. Bantuan diterima Ketua Yayasan Bhakti Suci Hasyim.

Kedua tokoh ini juga menyerahkan bantuan di Panti Asuhan Achmad Yani Putri diterima oleh Pengurus Panti Asuhan. Kemudian bantuan sosial juga diserahkan kepada Susteran SMFA di Jalan Danau Sentarum Pontianak.

Di bagian diinformasikan bahwa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dipastikan akan menghadiri Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional 2017 di Kalimantan Barat. “Perayaan Natal akan dilangsungkan di Rumah Radakng, kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, sore nanti,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Bandung, Kamis (28/12/2017).

Presiden dan Ibu Iriana bertolak ke Bandung dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma pada pukul 08.15 WIB. Namun sebelum ke Pontianak, Presiden akan singgah lebih dahulu ke Bandung, Jawa Barat untuk menghadiri Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun Angkatan Muda Siliwangi (AMS) ke-51 yang digelar di Gedung Merdeka, Bandung.

Setelah menghadiri acara di Bandung, Presiden dan Ibu Iriana kemudian akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Kalimantan Barat. Setibanya di Provinsi Kalimantan Barat, Presiden dijadwalkan akan meresmikan terminal baru Bandar Udara Supadio. Presiden juga akan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Halaman Masjid Mujahidin, Pontianak, sebelum menghadiri Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2017.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja ke dua provinsi ini, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.