Salah satu gerombolan bersenjata di Nigeria. (dailypost.ng)

Gerombolan Bersenjata Serang Jemaat Gereja

JAKARTA (IndependensI.com) – Gerombolan bersenjata menyerang jemaat gereja yang barus saja mengikuti kebaktian tengah malam di Nigeria. Setidaknya 14 orang tewas dalam serangan tersebut.

“Para penyerang melepas tembakan ke arah jemaat sekitar pukul 00.30 pada Senin (1/1/2018),” kata Ugochi Olugbo, salah satu kerabat korban yang menghadiri kebaktian Malam Tahun Baru, seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (2/1/2018).

Aksi penembakan itu terjadi di kota Omoku, sekitar 90 kilometer arah selatan terminal minyak Port Harcourt.

“Sebanyak 14 orang tewas di tempat, sementara 12 orang lain yang kena tembak langsung dilarikan ke rumah sakit dan menerima perawatan medis,” kata sumber di kepolisian yang namanya tidak ingin disebut.

“Fourteen persons died on the spot, while 12 who sustained gunshot wounds were rushed to the hospital and are receiving medical attention,” said a police source who asked to remain anonymous.

Humas kepolisian negara bagian Rivers State, Nnamdi Omoni, mengatakan jumlah korban belum bisa dikonfirmasi.

“Komisaris polisi, Ahmed Zaki, sudah memerintahkan pencarian para bandit untuk memastikan mereka ditangkap dan dihukum,” kata Omoni.

Rivers State adalah negara bagian yang penduduknya miskin meski menghasilkan minyak yang melimpah. Kawasan itu menjadi sarang sejumlah kelompok penjahat yang sering bertikai.

Gerombolan tersebut awalnya adalah kelompok persaudaraan di perguruan tinggi yang sering tawuran beberapa dasawarsa lalu. Mereka terus berkembang menjadi kelompok preman bersenjata yang kini menguasai jalanan.