Rafael Nadal. (Dok/Ist)

Nadal Pilih Laga Eksibisi

MELBOURNE (IndependensI.com) – Petenis nomor satu dunia asal Spanyol, Rafael Nadal berupaya untuk bisa bermain tenis jelang ajang bergengsi Australian Open bulan ini. Tujuannya agar Nadal bisa mempersiapkan diri sekaligus berlatih sebelum tampil di Melbounr Park pada 15 Januari mendatang. Hanya saja turnamen pemanasan grand slam Australian Open sudah berlangsung sejak akhir Desember lalu, dan Nadal tidak mendaftarkan diri. Nadal memilih untuk berlaga di ajang eksibisi sebelum Australian Open. Demikian tulis pernyataan dari panitia pelaksana turnamen, Senin (1/1).

Petenis berusia 31 tahun ini sudah tidak bermain sejak bulan November lalu, tepatnya di ajang akhir tahun World Tour Finals di London, Inggris. Dia tidak bermain karena masih dibalut cedera dan melakukan rekondisi usai operasi lutut.
Pemain tenis berbasis kidal ini melewatkan kesempatan untuk bisa bermain di Abu Dhabi dan Brisbane International serta laga di Sydney. Pemegang rekor 16 gelar grand slam ini memilih bermain pada laga eksibisi Tie Break Tens di Melbourne Park pada 10 Januari.

“Bermain di laga eksibisi Tie Break Tens bisa untuk persiapan dan menjadi pertandingan yang mengasyikkan. Acara ini cukup kompetitif, walau hanya sekedar laga eksibisi. Paling tidak untuk menghibur para penggemar tenis Australia yang sangat antusias,” ujar Nadal seperti dikutip dari Reuters.

Dalam laga eksibisi ini akan bermain delapan petenis termasuk Novak Djokovic, juara tiga kali grand slam Stan Wawrinka, petenis tuan rumah Nick Kyrgios, dan mantan petenis nomor satu asal Negeri Kangguru, Lleyton Hewitt. Juara dari laga ini akan membawa pulang hadiah sebesar US$ 250.000. “Ini pertandingan yang ditunggu-tunggu dalam setiap penyelenggaraan Australian Open,” ujar direktur turnamen Craig Tiley.