Panen padi di Bali. (Humas Kementerian Pertanian)

Jengah dengan Isu Impor Beras, Petani Bali Panen Lebih dari 100 Hektare

JAKARTA (Independensi.com) – Isu impor beras membuat jengah petani di Bali. Padahal panen padi di Bali sejak Selasa (9/1/2018) mencapai luas 88,16 hektare (ha), Rabu (10/1/2018) seluas 112 ha. Luasan itu dari potensi yang siap panen seluas 307 ha.

Demikian dalam keterangan pers kepada Independensi.com, Rabu.

Kepala BPTP Balitbangtan Bali I Made Rai Yasa mengatakan bahwa semangat petani di Bali untuk mencapai swasembada pangan tidak pernah pudar. “Petani di Bali ingin menunjukkan bahwa kita bisa berswasembada dan tidak perlu mengimpor beras”. ujarnya.

Dari luasan 112 ha yang dipanen pada Rabu, tersebar di enam subak pada tiga kabupaten dan satu subak di Kota Madya. Jadi di dalam kota Denpasar dan di daerah dekat obyek wisata Kuta ada panen pada Rabu.

Sementara itu, beberapa lokasi panen yang dimaksud adalah:

Panen di Kabupaten Badung pada dua subak yaitu: Subak Perancak, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara dari potensi seluas 14 ha dipanen seluas 4 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,9 ton/ha. Subak Seminyak, Desa seminyak, Kecamatan Kuta, dari potensi yang siap panen 5 ha, pada Rabu dipanen seluas 5 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,5 ton/ha.

Panen di Kabupaten Tabanan ada tiga subak yaitu: Subak Jeran Dewa, Desa Lumbung, Kecamatan Selemadeg Barat, dari potensi seluas 40 ha, dipanen seluas 30 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,01 ton/ha. Subak Sangkil, Desa Beringkit Belayu, Kecamatan Marga dari potensi panen 80 ha, Rabu dipanen 4 ha, varietas yang dipanen adalah “Pak Tiwi” dengan produktivitas 6,65 ton/ha. Subak Gubug II, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, dari luas potensi panen 73 ha, Rabu dipanen seluas 2 ha, varietas yang dipanen Cigeulis dengan produktivitas 7,86 ton/ha.

Panen di Kabupaten Klungkung di Subak Pegatepan, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, dari potensi panen seluas 86 ha, Rabu dipanen seluas 59 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,6 ton/ha.

Panen di Kota Denpasar di Subak Poh manis, Desa Penatih Dangin, Kecamatan Denpasar Timur, dari potensi panen 9 ha, seluruhnya dipanen pada Rabu. Ada tiga varietas yang dipanen yaitu Cigelis, Ciherang, dan Situbagendit. Produktivitas rata-rata untuk ketiga varietas tersebut 7,2 ton/ha.