Grigor Dmitrov. (Istimewa)

Dimitrov Melaju ke Perempat Final

MELBOURNE (IndependensI.com) – Grigor Dmitrov harus mengeluarkan ekstra stamina untuk menghentikan laju performa terbaik petenis tuan rumah Nick Kyrgios dengan skor 7-6 (3), 7-6 (4), 4-6, 7-6 (4) pada babak keempat Australian pen 2018 di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Minggu (21/1). Cuaca panas kembali menyelimuti Melbourne dan membuat Dmitrov yang merupakan petenis peringkat tiga ATP itu sempat terganggu konsentrasinya.

Dari catatan yang ada, Dimitrov belum pernah menjuarai turnamen grand slam sepanjang kariernya. Tahun lalu, dia dikalahkan Rafael Nadal pada babak semifinal dalam lima set. Kendati demikian, Dmitrov menjadi petenis muda yang diharapkan bisa menggantikan para senior sebagai petenis tangguh sama depan.

Sementara itu, Rafael Nadal belum menemui lawan sepadan dan mengandaskan Diego Schwartzman 6-3, 6-7 (4), 6-3, 6-3 dalam tempo 3 jam 51 meniti. Sama seperti Dmitrov, cuaca panas mengganggu performa Nadal hingga dirinya sempat memperlambat irama permainannya. “Ini pertandingan yang sengit. Diego adalah teman baik saya. Laga ini adalah yang terbesar setelah 2018. Rasa percaya diriku semakin baik dan selama hampir empat jam, rasa itu memberikan intensitas dan semangat yang baik,” imbuhnya.

Nadal akan melawan mantan juara US Open 2004, Marin Cilic yang mencatat kemenangan pertandingan ke-100 di grand slam. Cilic menang 6-7 (2), 6-3, 7-6 (0), 7-6 (3) atas unggulan 10 victory over No. 10 Pablo Carreno Busta. Nadal menjadi runner up tahun lalu dikalahkan Roger Federer. Dia menjadi petenis nomor satu dunia setelah menuai sukses di French dan US Open sebelum akhirnya menyerah karena cedera lutut kanan.

Dari laga lainnya, petenis Inggris Kyle Edmund meraih debut babak perempat final grand slam dengan mencatat kemenangan 6-7 (4), 7-5, 6-2, 6-3 atas Andreas Seppi. Saat bertarung di Brisbane pekan lalu, Edmund dikalahkan Dmitrov dan pada laga selanjutnya giliran Kyrgios menghentikan Dmitrov.

Sementara itu dari kelompok putri, Caroline Wozniacki melaju ke babak perempat final setelah mencatat kemenangan 6-3, 6-0 atas Magdalena Rybarikova. Terakhir kali Wozniacki menembus babak perempat final di Australian Open adalah pada 2012. Dia akan menghadapi Carla Suarez Navarro yang sebelumnya nyaris mengalami kekalahan sebelum akhirnya bisa mengandaskan unggulan 32 Anett Kontaveit 4-6, 6-4, 8-6.

Juara Brisbane International, Elina Svitolina menang mudah atas Denisa Allertova 6-3, 6-0 pada laga terakhir. Dia akan melawan juara Hobart International Elise Mertens yang sebelumnya menundukkan Petra Martic.