Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (Istimewa)

Kevin/Marcus Bidik Gelar Ketiga

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon membuka peluang meraih gelar ketiga kali beruntun di India Open, setelah meraih tiket final dengan mengalahkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan  21-11, 21-17, Sabtu (3/2). Kevin/Marcus merupakan juara ganda putra India Open tahun 2016 dan 2017.

Meskipun bertemu sesama pemain Indonesia, namun pertarungan kedua ganda putra papan atas ini begitu menarik perhatian penonton di Siri Fort Indoor Stadium. Kevin/Marcus mengawali permainan dengan keunggulan jauh atas Hendra/Ahsan. Bermain cepat dan menyerang, pasangan rangking satu dunia ini seolah tak mau memberi kesempatan pada seniornya tersebut untuk mengembangkan permainan.

Di game kedua, Hendra/Ahsan mulai meredam permainan agresif Kevin/Marcus. Setelah interval, permainan pun mulai sengit. Namun Kevin/Marcus memegang kendali permainan di akhir game kedua. “Menangnya nggak mudah kok. Di game pertama mereka sepertinya belum panas dan belum dapat feel nya. Di game kedua mulai ketat, tapi kami di akhir-akhir lebih siap, lebih fokus dan lebih beruntung,” ujar Marcus seperti dikutip dari rilis humas PP PBSI.

“Hendra/Ahsan sudah lama nggak partneran, jadi banyak yang belum pas di awal-awal, di game kedua mereka mulai menemukan permainan, jadi susah dimatikan. Hendra/Ahsan masih berbahaya, masih susah dikalahkan. Susah nebak-nebak bolanya, pengembaliannya kemana, sudah dijagain dimana,” beber Marcus. Di babak final, Kevin/Marcus akan berhadapan dengan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) atau Han Chengkai/Zhou Haodong (Tiongkok).

Sementara itu, Ahsan sendiri mengakui keunggulan duet Kevin/Marcus. Dia mengaku sempat mencoba untuk menahan serangan mereka. “Tidak seperti di game pertama yang selalu tertekan karena diserang terus. Kami pun jarang dapat kesempatan menyerang,” ungkap Ahsan. “Kami kalah cepat, keduluan terus serangannya. Sebetulnya kami sudah mengantisipasi hal ini, tetapi mereka hari ini lebih siap,” tambah Hendra.

India Open 2018 merupakan turnamen internasional pertama mereka setelah berpasangan kembali di awal tahun 2018. Hendra/Ahsan ditarget untuk menembus babak semifinal dan keduanya berhasil memenuhi target tersebut, namun mereka menyebutkan masih banyak hal yang mesti dibenahi. “Kami tetap bersyukur, hasil ini adalah awal buat kami. Latihannya harus lebih keras lagi. Yang harus ditambah adalah power kami,” sebut Hendra.

Setelah India Open, Hendra/Ahsan akan bertolak ke Alor Setar, Malaysia, untuk mengikuti Badminton Asia Team Championships 2018.