TNI AU Terima 24 Unit Pesawat Tempur F-16 Tipe C/D

Loading

MADIUN (Independensi.com) – TNI Angkatan Udara resmi menerima 24 unit pesawat tempur F-16 tipe C/D.  Dengan penambahan Pesawat tempur F-16 yang merupakan pesawat modern berteknologi canggih tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapan TNI AU dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penyerahan ditandai dengan penadatanganan berita acara serah terima dari Kabaranahan Kementerian Pertahanan Laksda TNI Agus Setiadji kepada Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, dan selanjutnya diserahkan kepada Aslog Kasau Marsda TNI Eko Supriyanto di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Madiun, Rabu (28/2/2018).

Serah terima disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Hadir pula Kasad, serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan, Mabes Angkatan dan tamu undangan lainnya.

24 Unit Pesawat F-16 tersebut rencananya akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru sebanyak 16 unit, sedangkan 8 unit lagi akan ditempatkan di Skuadron Udata 3 Lanud Iswahyudi.

Menteri Pertahanan dalam sambutannya mengatakan, penyerahan pesawat F-16 C/D merupakan bagian integral dari perwujudan gelar pertahanan negara Smart Power guna menghadapi berbagai dimensi ancaman nyata dan belum nyata yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan NKRI.

“Pesawat F-16 C/D ini juga merupakan pesawat modern berteknologi canggih, sehingga kehadirannya juga diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AU yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan kewibawaan NKRI,” tambah Menhan.

Selanjutnya sebagai pertanggungjawaban kepada Rakyat, Menhan meminta kepada Panglima TNI beserta staf dan seluruh prajurit untuk merawat dan memelihara Alutsista modern yang berkemampuan dan berteknologi tinggi tersebut agar pesawat – pesawat tersebut memiliki usia pakai yang optimal.

“Pahami pengoperasian Pesawat F-16 ini secara tepat dan benar serta melaksanakan tugas serta melaksanakan latihan secara rutin, bertahap dan berlanjut guna menambah jam terbang dan meningkatkan profesionalisme prajurit,” pesan Menhan.

Sementara itu kepada Pemerintah Amerika Serikat, Menhan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik melaui program Program Management Office (PMO) sehingga pengiriman 24 unit pesawat F-16 C/D dapat berjalan baik.

Hal ini merupakan wujud konkret komitmen kemitraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat yang perlu terus dipelihara dan ditingkatkan.