Pemerataan Pendidikan Sangat Diperlukan

BEKASI (IndependensI.com)- Tantangan  dunia pendidikan yakni pemerataan pendidikan dan memperluas dampak pendidikan terhadap semua warga bangsa  yang belum merasakan kesempatan tersebut.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi R Ruddy Gandakusumah saat peringatan Hari Pendidikan Nasional,  Rabu (2/5/2018).  Ruddy  pada saat itu menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan Nasional.

“Berkenaan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 mari kita bersyukur pada Tuhan sebagaimana kita diketahui tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita mengambil tema menguatkan pendidikan, dan memajukan kebudayaan,” katanya.

Sesuai tema tersebut mari jadikan ini sebagai momentum hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara, kata Ruddy.

Dukungan yang perlu diberikan pada anak bangsa untuk menjawab tantangan zaman mencakup tiga komponen yakni peningkatan kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi. “Mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi,” ungkapnya. (jonder sihotang)