Ayu Diusir dari Kelas dan Dilarang Ikut Ujian Karena Belum Bayar SPP

PEKANBARU (IndependensI.com) – Ayu Senja Mentari Pagi, siswi Kelas X SMA Negeri 3 Peranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu – Riau, diusir wali Kelas Erniyeti dan dilarang mengikuti ujian. Pasalnya Ayu belum melunasi uang SPP bulan 5 dan bulan 6 (2 bulan).

“Saya diusir dari kelas dan tidak boleh ikut ujian karena uang SPP bulan 5 dan 6 belum terbayar,” kata Ayu.

Ayu menjelaskan dirinya diusir oleh wali kelas karena perintah dari Kepala Sekolah. “Kata wali kelas, itu dilakukan atas perintah Kepala Sekolah,” ujar Ayu.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Peranap, Akirman, membenarkan bahwa Ayu diusir dari kelas dan tidak boleh ikut ujian. Pasalnya Ayu Senja Mentari Pagi telat membayar uang SPP bulan 5 dan 6.

“Ayu tidak boleh ujian dan dikeluarkan karena belum melunasi uang SPP bulan 5 dan 6, dan itu kebijakan saya,” ujarnya, pada Senin (21/05/2018).

Orang tua Ayu adalah keluarga tak mampu secara ekonomi. Orang tuanya laki-laki telah lama menderita sakit dan menjual segala hartanya untuk biaya pengobatan dan kini menumpang di gubuk darurat di Dusun Sei Godang, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu – Riau. (Mangasa Situmorang)

60 comments

  1. tolong nomer rekening kepala sekolahnya di share …saya siap bantu spp nya..

  2. Apa kah ada peratuaran yg semacam itu lgi di sekolah,gak ada jalan lain supaya mahasiswi itu supaya bisa ikut ujian nasional,emang kepala sekol nya tidak bisa untuk mengambil nisiatip yg lebih bijak lg,orang tua nya udah mempunyai harapan penuh untuk anak nya,masak nongak 2 bulan sj spp gak bisa ikut ujian,kalaw memang kayak gitu sekol nya kepala sekolnya ganti aja yg baru,sunguh kejam x jadi orang,kalaw gak besok biar di invitigasi aja sekol nya itu,ada apa yg sebenar nya.

  3. Dasar tak punya hati,,, biarkan aja Ikut ujian,,, nanti Klw dah selesai ujian Bs Di musyawarahkan, pecat aja tu kepsek nya,

  4. Astaghfirullah ya Allah… pendidikan cuman org yg mampu yaa ??? Sangat miris!!!
    Mang brp sih biaya SPP SMA utk 2 semester, tlng bilangin sama Kepsekx Aq yg lunasi… kalau bisa kirim rekening skolahx..

  5. Akirman seorang KEPALA SEKOLAH, apakah tidak ada rasa belas kasihan sedikit pun?
    Gimana klau Ayu menjual dirinya karna SPP?
    Kasihanilah orang yg tidak mampu, dan bersyukurlah KAU bisa mampu di dunia ini.
    Toh juga ga kau bawa mati hartamu itu..

  6. Kepala sekolah dipilih untuk menengahi masalah lalu mencari solusi sehingga masalah itu selesai dan tidak saling merugikan. Bukankah dalam dunia pendidikan dibuka beasiswa prestasi dan juga beasiswa tidak mampu?
    Kalau sudah seorang pemimpin tidak bisa menyelesaikan suatu masalah sehingga merugikan orang lain apalagi sampai mengusir siswa dari kelas hanya karna tidak mampu membayar spp berarti memang kepala sekolah belum sanggup menjadi seorang pemimpin patut direklamasi dan diganti dengan yang lebih mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Uang spp saya rasa tidak sampain 10 juta, 100 jt atau milyaran harusnya bisa ditanggapi lebih awal. Malu dengar kepsek suruh wali usir siswa .

  7. Pihak sekolah terlalu lamban menanggapi hal” seperti ini..
    Jika ada ank” yg kurang mampu mestinya di carikan bea siswa..
    Uang negara banyak, mestinya di gunakan untuk mendorong pendidikan buat ank” yang kurang mampu. Saya sedih mendengar hal ini… karena ini pengalaman saya dulu. . . Karena tidak mampu akhirnya memutuskan untuk berhenti sekolah. . . .
    Tidak di bayangkan betapa lemahnya daya fikir di indonesia

  8. Ganti kepala sekolah nya wahai gubernur Riau. Ganti dengan KEPSEK yg lebih Bijaksana, mengerti akan adanya siswa siswi tidak mampu. #2019 Ganti Kepsek.

  9. Kalau blom ada yang melunasi spp nya.. Tolong kirim nomor rekening sekolahnya.. Insyaallah Saya lunasi..

  10. Pak Kadis Pendidikan dan Kebudayaan tolong Proses Kepsek nya tempat adinda Ayu Sekolah.

  11. Korup triliunan, bayari SPP ratusan ribu gak bisa, lebay…😂

  12. #jokowidodo
    #presidenrepublikidonesia
    #mentripendidikandankebudayaanrepublikindonesia
    #dpdri
    Bagaimana ini Bapak2? Mohon tindakanya. Kita perlu dan sangat membutuhkan generasi penerus yang pintar.
    Tolong segera tindak tegas kasek dan wali kelas tersebut.

  13. Dasar manusia yang yg punya hati nurani, berapa lah uang SPP dua bulan, sampai hati kalian mengusir nya, Tolong di usut tuntas ini

  14. Wah sudah jaman sekolah gratis, ada dana BOS, ini SMA Negeri masih ada SPPnya ya, dana BOS bukannya berlaku di seluruh indonesia, tolong pemerintah daerah bertindak, dari segi keluarga sejahtera anak ini sewajarnya di bantu. Kepala sekolah dan wali kelas harusnya buka mata hati.

  15. Kalau kejadiannya di kepulauan riau KEPRI akan saya permasalahkan itu kepala sekolah.
    Mohn kepada pak Gub RIAU yang saya kenal sangat peduli masyarakat dan pendidikan untuk segera menidak lanjuti kasus ini.
    Program wajib belajar itu ada anggarannya apalagi ini menyangkut sekolah negeri.
    Ttd : Abdullah Ismail
    AJUDAN WAKIL GUBERNUR KEPRI.

    1. Semoga bener2 di tindak lanjuti
      🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  16. Berapa uang SPPnya dan ada no rekeningnya ya, kepala sekolah pelit, wali kelas pelit . dasar kalian manusia2 tdk tahu kasih

  17. Boleh digolongkan kepala sekolah buta hati,tidak ada rasa kemanusiaan,ingat Dasa darma prmuka yang ke 2 ;cinta alam dan kasih sayang sesama
    manusia.
    Ke 5,Rela menolong dan tabah.
    Ke 9;Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

  18. Bagaimana generasi bangsa ini mau mau kalau pendidiknya aja bermoral seperti kepala sekolah dan wali kelas ayu ini tetap di biarkan jadi pendidik di negri ini .seharusnya sebagai seorang yg intelektual kepala sekolah dan wali kelas itu tidak harus bertindak arogan seperti itu .itu cermin bukan mendidik tapi membunuh hak azasi seseorang hak anak bangsa ini
    .di pecat aja kepala sekolah dan wali kelas seperti itu karna mencoreng nama baik instansi pendidikan di negri ini terutama mencoreng marwah seorang guru

  19. Apakah ada yang Sudan Bantu lunas? Kalo belum saya ingin membantu. Saya Dari Timor Leste dan ingin membantu jg

  20. Apakah ada yang Sudan Bantu lunas? Kalo belum saya ingin membantu. Saya Dari Timor Leste dan ingin membantu jg

  21. Kasihan kasihana kasiahan. Tak pandailah kepala sekolah tu cari kebijakan. Kepala seolah tu harus bijak sana. Kalau lah tak mampu Pak kepala sekolah keluarkanlah Zakat penghasilannya atau guru keluarkah sedekah dari sertifikasi. Jangan main usir menghilangkan masa depan murid,

    1. Kalau blom ada yang melunasi spp nya.. Tolong kirim nomor rekening sekolahnya.. Insyaallah Saya lunasi..

  22. kepala sekolah yang tidak tau diri.sangat tidak mendidik sebagai guru

  23. Di sekolah negeri seyogiahnya sdh tdk bayar spp, tp ada dana lain biasa dipungut guru seperti dana kelas, ada dana pembanguna yg dikerjasamakan sekolah dgn perwakilan orangtua siswa (dulu namanya BP3). Jd sebetulx tdk ada sekolah yg betul 2 gratis. Tapi seharusnya Kepsek dan wali kelasnya ada kebijakan, apalagi org tua Ayu tergolong org tdk mampu secara finansial.

  24. Padahal biar ikut ujian dulu,masalah spp kan bisa dibicarakan

  25. Silahkan disondingkan kepada kepala dinas pendidikan setempat dan dikawal sampai kasus ini terusuy.

  26. Minta no rekening sekolah yg usir anak ini, sy yg akan Lunasi uang SPP anak ini.

  27. Kepseknya gk tau poin2 yang termasuk dalam Uu pungli disekolah, ajarin dooonk, biarvtau… beasiswa miskin dana Bos dkemanakan.???

  28. Sungguh terlalu KS seperti itu. Di mana rasa kemanusiaan nya?

  29. Kepsek tak punya otak,lundu tak ada rasa kemanusian.kami di bangku kuliah aja bisa dpt dispensasi untuk ikut ujian..

  30. Berapa sih uang SPP ayu ?
    Kebangetan sekali tu kepala sekolah, dana BOS kemana jangan” masuk kantong oknum sekolahan.

  31. Pecat Kepsek nya itu…dasar tak beretika…arogan lagi
    ….Pecat.

  32. Laporkan ke Bapak Presiden, biar kepsek dan wali kelasnya di usir juga dari kerjaannya.

  33. Apakah sekolah negeri msh kena bayar SPP bulanan? Bknkah klu negeri itu sdh di tanggung semua oleh pemerintah atau negara?

    1. Pdhl sekolah negeri itu enk ambl kebijakan kq,,,bkn SPP lg tp BP3 malah murah kq ngp pihak sekolah gx kompromi sm Diknas provinsi aneh?

  34. Mengapa pihak sekolah tak selidik dulu penyebabnya. Pihak sekolah sangat2 keterlaluan,

  35. Sangat menyedihkan dan miris potret Indonesia zaman now

  36. Memang berapa uang spp nya yg belum di bayar bpk / ibu..?

  37. Hmm jadi korban dech,,gimana dengan program kip yang harusnya meringankan,tapi kini mandeg gak jalan,contohnya dibatam sudah satu tahun programnya mandeg,biasanya tiap semester uda bisa digunakan ,namun uda setahun belum ada pemberitahuan ke sekolah

  38. Kelewatan sekolahnya,,,kayaknya kepala sekolah nya tidak ada otak,,,sekolah negri kan ada subsidi,knp hrs diusir dan tdk blh ikut ulangan,sekolah swasta saja msh ada rasa toleransi,dan memperbolehkan siswa nya utk ikut ujian,perlu di sidak sekolahnya,terutama kepala sekolah,,tdk ada rasa belas kasihan

  39. Emang di Indra Giri Hulu – Riau sekolah negri masih bayar uang sekolah ya???? Bukannya seluruh Indonesia sekolah negri semua siswa sudah tidak bayar uang sekolah????

    1. Masih bnyak yg pungut uang spp bu..
      Gg negri gg swastaaa sm ajaa bu bayar jugaa

  40. terlaluuuuu Ya… walau saya kurang mampu tpi saya mau menyisihkan uang utk nyumbang agr bisa meringankan beban ayu agr bisa ikut ujian.

    1. Masihkah kita punya nurani membiarkan hal ini terjadi…? Apakah kita sudah tak peduli lagi kepada kaum miskin ?

      1. Pakai cara2 yg lebih baik jgn menghambat anak/siswa ikut kegiatan belajar mengajar hanya karena belum membayar SPP ngga seharusnya pendidik bersikap demikian. Itu bisa membuat siswa jadi hilang semangat belajarnya. MOHON AGAR SEMUA PENDIDIK DI INDONESIA. Jangan melarang anak ikut belajar/ujian hanya karena blm bayar SPP.

        1. Maaf, berita ini tepat untuk disebarkan,akan tetapi sebelumnya mhon maaf ,saya ingun menyampaikan saran dan masukkan,apabila memberitakan dengan lampiran foto anak,mhon minta persetujuan anak yang diberitakan,bukan ortu ataw pihal lainnya,apabila rekan sudah meminta izin tersebut,terimakasih saya ucapkan,karena berita ini telah membawa anak tersebut kepada penyelesaian yang tepat,apabila belum,saya mhon maaf,mhon dimnta izin apa bila sudah di beritakan,dan bila anak tersebut tidak setuju,mhon untuk memberikan haknya teman media,terimakasih,
          #jo_prochild

Comments are closed.