Sejumlah petani melihat kepulan asap letusan freatik Gunung Merapi di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah. (Ist)

Sore Ini, Kembali Merapi Erupsi untuk Ketiga Kalinya

JAKARTA (Independensi.com) – Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta kembali mengalami erupsi freatik, Senin (21/5/2018), pukul 17.50 WIB. Letusan ini adalah yang ketiga untuk hari ini. Meski begitu, status Merapi tetap normal.

Melalui akun Twitternya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), mengungkapkan letusan itu hanya berlangsung selama tiga menit.

“Telah terjadi letusan freatik jam 17.50 durasi 3 menit dengan Amax (amplitudo maksimum) 50 mm. Suara gemuruh terdengar dari pos Babadan (4 km dari puncak) saat letusan,” tulis akun BPPTKG.

Meski itu merupakan letusan ketiga, status Merapi tetap normal, “Saat ini sesmik kembali tenang. Status normal,” imbuh akun BPPTKG.

Sebelumnya, letusan pertama terjadi pada pukul 01.25 WIB, dalam letusan yang berlangsung selama 19 menit itu, asap membubung setinggi 700 meter.

Sedangkan letusan kedua tejadi pada pukul 09.38 WIB, dengan ketinggian kolom 1.200 meter. Letusan kedua ini berlangsung hanya enam menit. (Berbagai sumber/kumparan/eff)