Ilustrasi basket putri. (Dok/Ist)

Timnas Basket Putri Menuju Korsel

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih tim nasional bola basket putri Indonesia, Arif Gunarto memastikan timnas hanya akan membawa 14 pemain untuk menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan (Korsel), yang akan digelar setelah Lebaran 2018. “Jadi akan ada dua pemain yang dicoret sebelum Korea Selatan,” kata Arif seperti dikutip Antara, Senin (21/05/2018),

Arif melanjutkan, pemusatan latihan (TC) Korea Selatan akan berlangsung selama 18 hari. Selain berlatih, timnas putri akan menjalani beberapa laga uji coba di Negeri Ginseng tersebut. Saat ini di TC yang digelar di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat, sejak 23 April 2018, timnas bola basket putri diperkuat 16 pemain yakni Priscilla Annabel, Tiara Aulia Denaya, Helena Maria, Dora Lovita, Henny Sutjiono, Vonny Hantoro, Christine Aldora Tjundawan, Adelaide Callista, Clarita Antonio, Natasha Debby Christaline, Ivonne Febriani Sinatra, Dyah Lestari, Gabriel Sophia, Nathania Claresta, Kadek Pratita Citta Dewi dan Putu Eka Liana.

Selama TC, mereka akan menjalani berbagai menu latihan termasuk menjalani pertandingan uji coba. TC terkini sendiri dijadwalkan digelar hingga menjelang Lebaran. Sedangkan terkait latihan di bulan puasa, Arif menyebut tidak ada perubahan program meski ada sedikit penyesuaian. “Hanya ada tiga pemain yang berpuasa, jadi program tetap seperti biasa. Namun tetap ada penyesuaian di latihan sore setelah berbuka puasa,” kata dia.

TC timnas bola basket putri untuk Asian Games 2018 sudah digelar dalam dua tahap. Sebelum TC kedua yang kini berlangsung, TC pertama berlangsung pada awal Januari 2018 dan diikuti 23 pemain. Timnas putri Indonesia sendiri tidak ditargetkan medali di Asian Games 2018 mengingat tingginya kualitas lawan-lawan yang akan dihadapi.