Ilustrasi penonton Indonesia. (INAPGOC)

Kiprah Petenis Lokal Berakhir

JAKARTA (IndependensI.com) – Penampilan para petenis tuan rumah berakhir sudah di cabang olahraga Wheelchair Tennis Asian Para Games (APG) 2018 yang berlangsung di lapangan tenis Kelapa Gading Sport Club, Jakarta. Ganda putra Agus Fitriadi berpasangan dengan Puji Sumartono, gagal menjinakkan permainan agresif dan menekan dari duet Srilanka unggulan tiga, DSR Dharmasena/RALS Ranaweera 6-1, 6-1 di babak perempat final, Selasa (9/10/2018). Padahal, Agus/Puji bertarung dari perempat final karena mendapatkan bye.

“Kami kesulitan mengimbangi pola permainan cepat lawan. Tidak sabar dan terburu-buru mau selesai,” ujar Agus usai berlaga. Dalam pertandingan, duet Srilanka ini lebih padu dan mampu menutup semua kelemahan. Selain itu, penempatan bola yang akurat diimbuhi permainan agresif, membuat duet tuan rumah kewalahan. Tim tenis kursi roda Indonesia selain menurunkan Agus dan Puji, juga ada petenis putri Ndaru Patma Putri, serta dua petenis nomor Quad, Dul Mariyanta dan Erwin Subrata.

Di babak semifinal, Dharmasena/Ranaweera berjumpa ganda unggulan teratas asal Jepang, Shingo Kuneida/Takashi Sanada yang sebelumnya menang mudah atas pasangan Malaysia, Ariffahmi Zaquan Ariffin/Abu Samah Borhan 6-0, 6-0.

Dari laga ganda putra lainnya, unggulan empat dari Thailand, Suthi Khlongrua/Sunthorn Sidrang mendapat perlawanan ketat dari duet China, Shunjiang Dong/Chao Du sebelum akhirnya menang 6-4, 6-4. Sedangkan ganda unggulan dua Korea, Ho Won Im/Ha-Gel Lee tanpa menemui kendala menundukkan duet Taipei, Han-Tsung Cheng/Pu Sheng Liu 6-0, 6-0 di perempat final. Di semifinal, Ho/Ha akan menemui lawan sepadan asal Thailand, Suthi/Sunthorn.

Sementara itu dari nomor Quad Tunggal, unggulan tiga Kyu-seung Kim dari Korea mencatat kemenangan 6-3, 6-3 atas Sombut Yampapha. Di babak semifinal Quad Tunggal, Rabu (10/10), Kyu akan menantang unggulan dua Mitsuteru Moroishi yang sebelumnya menang atas petenis Taipei, Tzu-Hsuan Huang 6-0, 6-1.

Unggulan teratas Jepang, Koji Sugeno yang mendapat bye di babak awal, mencatat kemenangan atas petenis Taipei, Chu-Yin Huang 6-0, 6-1 di perempat final. Dia akan menjamu rekan senegaranya, unggulan empat Shota Kawano yang menjadi unggulan empat. Shota menang mudah 6-0, 6-0 atas Nutthaporn Taosrisagul.