Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

Anies Sampaikan Tugas Penting SKPD Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

JAKARTA (IndependensI.com) –  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memimpin Apel Kesiapan Arus Mudik dan Arus Balik 2018 di Terminal Terpadu, Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (06/06/2018) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Anies menyampaikan sejumlah tugas penting yang perlu diperhatikan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dalam rangka menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Untuk Dinas Perhubungan (Dishub), Anies meminta untuk memastikan bahwa penyelenggaraan angkutan Lebaran, mulai dari kesiapan jumlah armada hingga pengecekan setiap kendaraan, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kepala Terminal, Kepala Stasiun, Kepala Pelabuhan, pastikan untuk memonitor dan mengendalikan angkutan Lebaran. Dan pastikan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan agar keselamatan terjamin, karena para operator para pengemudi teruji kesehatannya,” ujar Anies.

Untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Anies menginstruksikan agar bersiap mengantisipasi pendataan dan pembinaan kepada pendatang baru ke Ibu Kota, guna melengkapi persyaratan-persyaratan kependudukan.

“Pastikan semua peraturan perundangan di bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil disosialisasikan dengan baik. Jangan lewatkan koordinasi dengan SKPD yang terkait, dan tegakkan semua peraturan daerah tanpa pandang bulu,” tandasnya.

Sementara itu, kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), mantan Mendikbud itu meminta agar memastikan semua peraturan daerah terkait ketenagakerjaan dipahami oleh para pencari kerja di Ibu Kota.

Untuk Dinas Kesehatan, Anies menaruh perhatian khusus karena terkait urusan kesehatan pemudik. “Kehadiran saudara-saudara di dalam mengantisipasi arus mudik menjadi sangat mendasar. Kesehatan adalah yang paling utama. Dan Kesehatan ini pula yang akan memiliki dampak pada keselamatan para pemudik hingga sampai ke tujuan. Berikan pelayanan yang terbaik,” tegas Anies.

Anies juga ingin posko-posko di puskesmas siap melayani masyarakat selama 24 jam, terutama bagi pemudik.  “Kita semua bekerja untuk memastikan warga jakarta yang ingin melaksanakan mudik kembali dengan keadaan sehat, di kampung halaman dalam keadaan sehat, dan kelak kembali ke Jakarta dalam keadaan sehat,” paparnya.

Untuk Satpol PP, Anies memerintahkan agar selalu siaga menjaga keamanan serta ketertiban di Ibu Kota dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat keamanan, khususnya TNI/Polri.

Untuk Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) dan BPBD, Anies meminta agar memastikan seluruh jajaran dalam kondisi siaga dan antisipasi dini terhadap potensi kebakaran dan bencana lainnya.

“Khususnya pada saat warga sedang kembali ke kampung halaman. Kita semua ingin mereka kembali ke kampung halaman dengan tenang dengan tidak muncul masalah tempat tinggal mereka di Jakarta,” kata Anies.

Kepada para Wali Kota, Bupati, dan Lurah, diharapkan bisa melakukan antisipasi dini di setiap wilayah. Pastikan Jakarta tetap kondusif dan pastikan loket layanan masyarakat selalu tersedia.

“Kepada seluruh petugas pastikan komitemen kita untuk kerja keras, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi.Target yang kita harapkan adalah zero accident selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini,”  pungkas suami dari Ferry Farhati itu.(BM/ist)