Simona Halep. (Istimewa)

Halep ke Semifinal, Sharapova Kandas

PARIS (IndependensI.com) – Unggulan teratas asal Rumania, Simona Halep nyaris menemui kekalahan dan harus mengeluarkan ekstra stamina untuk menundukkan Angelique Kerber dari Jerman di babak perempat final French Open 2018 di kompleks lapangan tenis Roland Garros, Paris, Prancis, Rabu (06/06/2018) waktu setempat atau Kamis (07/06/2018). Halep butuh dua kemenangan lagi untuk meraih debut gelar Grand Slam sepanjang kariernya.

Tahun lalu, Halep gagal di babak final Roland Garros. Kali ini, dia berhasil menundukkan Kerber dengan skor 6-7(2) 6-3 6-2. Di babak empat besar, Halep bakal berjumpa dengan Garbine Muguruza yang sukses menumbangkan petenis cantik Rusia, Maria Sharapova.

Dalam pertandingan, Halep yang menyandang posisi petenis putri nomor satu dunia ini bertarung dalam kondisi lambat panas. Kerap terkoreksi servis dan pukulan groundstroke yang menyilang keluar lapangan, membuat Halep putus asa. Hampir satu jam lebih Halep bermain tidak dalam kondisi terbaik dan membuat Kerber dengan mudah mendikte permainannya. “Saya tidak konsentrasi di awal. Pasalnya, Kerber bermain sangat lambat dan bolanya pun demikian, sehingga sulit untuk mencetak poin,” ujar Halep usai berlaga.

Memasuki set kedua usai kehilangan set awal dalam tie-break, Halep mulai mengubah strategi dan pola serangan. “Saya tak lagi memainkan bola yang datar dan lebih banyak top-spin, dan saya berhasil membuatnya berlari mengejar bola,” imbuh Halep. Dari catatan yang ada, Halep pernah gagal di babak final Grand Slam yakni pada Australian Open yang dikalahkan Caroline Wozniacki pada bulan Januari lalu.

Bertarung di musim panas Paris tidaklah mudah bagi Halep. Hingga babak delapan besar, Halep harus melewati pertandingan ketat, tetapi hanya kehilangan satu set itupun saat melawan Kerber. Sebaliknya, sukses hingga delapan besar bagi Kerber merupakan babak baru perbaikan performa dan prestasinya. Dia berhasil membuat lawan kewalahan dengan pukulan akurat di game awal dari empat game. Kerber berhasil menjaga konsistensi dan irama permainannya serta minim melakukan unforced errors.

Kerber bermain lambat tetapi sangat agresif di posisi baseline. Dia pun kerap mengejar bola sulit dan permainan maraton menguras stamina di set awal. “Sangat sulit melawan Kerber dan dia cukup sabar serta bermain sangat tenang,: komentar Halep lagi. Halep melibas Caroline Wozniacki sebagai petenis nomor satu pada perhitungan pekan depan. Seandainya kalah melawan Muguruza di babak semifinal, Halep tetap sebagai ratu tenis sejagad. Halep pernah gagal fdi babak final French Open 2017 di tangan Jelena Ostapenko.

Sharapova Kandas

Petenis Spanyol Garbine Muguruza mematahkan harapan kemenangan Maria Sharapova dengan skor 6-2, 6-1 untuk mencapai babak semifinal. Sharapova bermain buruk kali ini dan menelan kekalahan dalam enam tahun terakhir di babak empat besar. Muguruza yang menjadi unggulan tiga, pernah juara di Roland Garros pada 2016 dan menantang Halep di empat besar yang berlangsung Sabtu (09/07/2018).

Sharapova baru kali pertama lagi bermain di Roland Garros setelah 2015. Kekalahan ini adalah terburuk kedua setelah sebelumnya pada laga final Australian Open 2012, petenis cantik kelahiran Nyagan, Rusia ini kandas di tangan Victoria Azarenka 0-6, 3-6. “Saya sangat senang bisa berlaga di Paris, apalagi bermain melawan Sharapova,” ujar Muguruza yang mencatat satu kemenangan dari empat kali bertemu. “Bermain bersama petenis terbaik akan membuat permainanku menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Dari catatan pertandingan, Sharapova yang tidak bermain selama musim 2016 karena kasus doping, bermain buruk dimana sedikitnya enam kali terpatahkan servisnya dan menuai 27 unforced error. Kekalahan ini adalah kali kelima dari 25 kali tampil di babak perempat final Grand Slam. “Biasanya, saya melalui tahapan untuk mencapai kemenangan. Mulai dari arah permainan hingga kesiapan untuk bertanding. Namun kali ini saya tidak merasakan itu semua,” ujar Sharapova yang sebelumnya hanya mencatat babak delapan besar di Madrid dan mencapai semifinal di Roma sebelum bermain di Paris.

Jadwal Tertunda

Sementara itu juara 10 kali French Open asal Spanyol, Rafael Nadal harus terhenti jadwal bertandingnya saat melawan petenis Argentina Diego Schwartzman di babak delapan besar. Nadal tengah unggul 6-4, 3-2 saat hujan deras menyirami lapangan Philippe Chatrier. Petenis 32 tahun berambut ikal ini, bermain dengan menggunakan plester di kedua pergelangan tangannya

Nadal untuk kali pertama kehilangan set di turnamen ini sejak 2005. Tercatat pula Nadal sudah menuai 37 kali kemenangan set pertandingan secara beruntun dan hanya pernah kehilangan dua set di Roland Garros sepanjang karirnya. Demikian berita dikutip dari Associated Press.