Penyerang Inggris, Harry Kane (kanan), melayangkan bola ke gawang Tunisia pada penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 di Volgograd, Rusia, Selasa (19/6/2018) dini hari WIB.

Inggris Menang Berkat Kegigihan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Inggris Gareth Southgate memuji kegigihan tim asuhannya pada penampilan perdananya di Piala Dunia 2018. Inggris menang 2-1 atas Tunisia pada penyisihan Grup G di Volgograd, Rusia, Selasa (19/6/2018) dini hari WIB.

Harry Kane mencetak gol pertama di menit 11. Keunggulan Inggris hanya bertahan sekitar 24 menit hingga Tunisia menyamakan skor lewat tendangan penalti Ferjani Sassi.

Skor sama kuat bertahan hingga jelang akhir pertandingan. Inggris menang setelah Kane menjebol gawang Tunisia dengan sundulannya sekitar satu menit memasuki injury time.

Kane menerima pujian untuk kedua golnya. Tapi Southgate mengatakan bahwa kemenangan ini didapat berkat kerja sama tim disertai kegigihan dan kepercayaan diri yang tinggi.

“Apa pun strategi yang digunakan, hal terpenting adalah mempertahankan struktur selagi menyerang. Saya senang karena tim ini bisa menjaga permainan,” kata Southgate seperti dikutip kantor berita ESPN.

“Memang kami bisa saja kehilangan waktu. Tapi saya yakin banyak tim terbaik di dunia yakin apa yang dilakukannya dan pada akhirnya bisa mendobrak lawan,” ujarnya.

Kane gagal bikin gol di Euro 2016. Di Piala Dunia 2018, penyerang Tottenham Hotspur itu membuktikan bahwa dia tetap bisa diandalkan di garis depan.

“Jika dia tidak bikin gol malam ini, saya pasti harus menjawab tentang kemampuannya mencetak gol di turnamen sepakbola. Saya gembira melihat penampilannya tadi. Saya tahu bahwa dia bangga bisa memberi kemenangan untuk negaranya,” kata Southgate.

Inggris wajib menang setelah Belgia mengalahkan Panama 3-0 pada penyisihan Grup G lain. Hal itu menjadi motivasi “Three Lions” untuk meraih kemenangan keduanya dari sembilan laga terakhirnya di Piala Dunia sejak 2010.

“Kemenangan yang amat berarti, yang bisa mengantar kami melangkah lebih jauh. Kami terus berjuang untuk mendapatkan gol dan memenangi pertandingan,” kata gelandang Inggris, Jordan Henderson.

“Saya tetap yakin saat kedudukan 1-1 meski tempo permainan agak menurun. Kami tetap membuka peluang sekali pun mereka bertahan dengan rapat. Memenangi laga perdana rasanya luar biasa,” ujarnya.

Satu hal yang perlu dicemaskan Inggris adalah kondisi Dele Alli. Gelandang Tottenham Horspur itu sempat tumbang di babak pertama tapi bisa terus bermain hingga menit 80.

“Mudah-mudahan saya baik-baik saja,” kata Alli usai pertandingan.

Southgate mengatakan tim medis Inggris terus memantau kondisi Alli. “Dia merasakan nyeri di babak pertama, tapi dia yakin bisa terus bermain. Saya rasa cara berlari dan bagaimana dia mengejar bola yang menyebabkan masalah,” kata sang pelatih.