Kementerian PUPR Gandeng IAPMO Group Indonesia Sertifikasi Rumah dan Gedung

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – IAPMO Group Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terkait Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah dan Gedung mengenai Sertifikasi Laik fungsi Bangunan. Peresmian kerjasama ini dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2018 di Hotel Grand Mercure Kemayoran pada acara The 5th Annual Education Conference World Plumbing Day.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ken Wijaya selaku Executive Vice President IAPMO Group Indonesia dan Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES – Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman.

International Association of Plumbing and Mechanical Official (IAPMO) adalah organisasi global dengan kantor pusat di Ontario, California – Amerika Serikat yang memiliki kantor cabang di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, India, Cina, termasuk Indonesia dengan bidang usahanya bergerak dalam bidang plambing. IAPMO Group Indonesia menyediakan layanan pengujian untuk produk pipa yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

PT IAPMO Group Indonesia  merupakan badan penilaian pihak ketiga independen yang menyediakan pengujian, sertifikasi, inspeksi dan layanan pendidikan untuk industri pipa. Layanan serupa juga dilakukan untuk bahan bangunan seperti gypsum, ubin keramik dan cat.

Kerjasama ini dilakukan berdasarkan peraturan menteri PUPR, menjalankan turunan dari UU bangunan gedung no 2008 tahun 2002 bahwa dalam setiap bangunan/gedung di Indonesia harus memiliki syarat layak fungsi termasuk untuk rumah sederhana, yang artinya bahwa bangunan yang dibangun harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES ada empat kriteria bangunan laik fungsi yaitu menjamin keselamatan bangunan, baik terhadap gempa, kebakaran maupun petir. yang kedua adalah aspek kesehatan yang terdiri dari sanitasi, udara maupun air bersih, yang ketiga adalah  kenyamanan serta yang terakhir adalah kemudahan.

“Kami melihat bahwa IAPMO laboratoriumnya sudah terakreditasi oleh KAN. dan kami juga menginginkan kerjasama ini diperluas. dengan kondisi Indonesia yang sangat luas, begitu banyak bangunan yang harus disusuri dan dipastikan laik fungsi. Dengan jumlah SDM dan laboratorium terbatas, kami perlu bekerjasama dengan laboratorium yang lain.  Bersama IAPMO kami bisa bersinergi untuk melangkah bersama, dan kami juga melihat IAPMO memiliki komitmen sosial yang tinggi sehingga diharapkan dapat membantu pemerintah.” ujar Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES – Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman.

Saat ini IAPMO Group Indonesia secara konsisten membangun kesadaran akan pentingnya sistem plambing yang baik. “IAPMO Group Indonesia ingin masyarakat Indonesia semakin paham mengenai pentingnya sistem plambing yang baik, untuk konsumsi personal maupun kepentingan umum. Sistem plambing juga berdampak pada kesehatan dan juga keamanan masyarakat. Inilah mengapa IAPMO bekerja sama dengan pemerintahan, pelaku industri serta institusi pendidikan untuk terus mensosialisasikan mengenai pentingnya standarisasi plambing. ” ujar Ken Wijaya – Executive Vice President IAPMO Group Indonesia.

Menurut Ken Wijaya, kerja sama tersebut  merupakan tahun kelima bagi IAPMO untuk melakukan sosialisasi tersebut. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, IAPMO bersama Asosiasi Plambing, APPIN, mengadakan beberapa kegiatan yang dikemas dalam seminar sehari dengan pameran dan diselenggarakan pada Kamis, 5 Juli 2018 di Hotel Grand Mercure.

PT IAPMO Group Indonesia juga merupakan fasilitator pengujian produk-produk plambing khusus untuk wilayah Indonesia. Menjawab tantangan para pelaku industri produk plambing yang ingin menjamin kelangsungan bisnisnya melalui peningkatan kompetensi personel di bidang sistem plambing, PT IAPMO Group Indonesia sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian juga dalam proses untuk memperoleh akreditasi dari  Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk program kompetensi plamber bersertifikat. Program kompentensi plumber bersertifikat ini juga didukung oleh Asosiasi Plambing, APPIN.

Sebagai sebuah lembaga penilaian kesesuaian, IAPMO memiliki keunggulan sebagai “one stop shop” yaitu memberikan layanan berupa pengujian, sertifikasi, inspeksi dan pendidikan kepada para pelaku industri. IAPMO juga memberikan layanan yang sama untuk material bahan bangunan diantaranya, gypsum, keramik, cat dan juga yang lainnya. (pr/kbn)